Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Epic Games Store Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (Ueq)
Abstract
Dalam evolusi industri digital saat ini, aplikasi permainan telah merevolusi bagaimana manusia berinteraksi dan menghabiskan waktu luangnya. Salah satunya, Epic Games Store, yang telah muncul sebagai platform distribusi permainan digital utama, memberikan berbagai konten berkualitas untuk komunitas global. Akan tetapi, agar tetap unggul dalam industri yang cepat berubah, pengalaman pengguna harus diperhatikan dan dioptimalkan. Dengan latar belakang ini, sebuah penelitian diinisiasi untuk mendalaminya dengan memanfaatkan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Mengambil sampel sebanyak 100 responden, penelitian ini berupaya untuk menilai keandalan dan validitas pengalaman pengguna. Hasil analisis menunjukkan skor rata-rata untuk: Attractiveness (1,460), Perspicuity (1,343), Efficiency (1,168), Dependability (1,200), Stimulation (1,305), dan Novelty (0,985). Hasil-hasil ini mencerminkan bahwa pengguna secara umum merasa puas dengan Epic Games Store. Namun, meskipun ada respons positif, masih ada peluang untuk meningkatkan aspek-aspek tertentu, khususnya dalam hal inovasi dan kreativitas, untuk memastikan platform ini tetap relevan di masa mendatang. Setelah melakukan perhitungan rata-rata didapatkan hasil nilai perbandingan aplikasi Epic Games Store berada dalam kategori Above Average pada setiap variabel.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aloysius Rangga Aditya Nalendra, Yanti Rosalinah, Agus Priadi, Ibnu Subroto, Retno Rahayuningsih, Rina Lestari, Suwantica Kusamandari, Ria Yuliasari, Dewi Astuti, Jeffry Latumahina, Martinus Wahyu Purnomo, Vina Aisyah Zede. (2021). Statistika Seri Dasar Dengan SPPS. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=kg4eEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=statistika+seri+dasar+dengan+spss&ots=asPNdrKDjl&sig=dDwyIM1sqHD3e_EfhtXbrVxkjn4&redir_esc=y#v=onepage&q=statistika%20seri%20dasar%20dengan%20spss&f=false
Endi Zunaedy Pasaribu, Siska Yulia Rahmi, Mesra Wati Ritonga, Ronal Watrianthos, Wahyu Azhar Ritonga, Rizki Kurniawan Rangkuti, Nurhanna Harahap. (2020). Belajar Statistika: Siapa Takut dengan SPSS. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=u-fzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA21&dq=spss+adalah+merupakan&ots=iSIXje46Sm&sig=QSPRp4Yk4vgkKTzdzDkegT8g8TI&redir_esc=y#v=onepage&q=spss%20adalah%20merupakan&f=false
I Made Laut Mertha Jaya. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=yz8KEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA216&dq=penelitian+kuantitatif+adalah+merupakan&ots=snC71LAO7Q&sig=QZp-_uUN7DyLjRNpvJ3ZcAFs6xk&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian%20kuantitatif%20adalah%20merupakan&f=false
Slamet Riyanto, Aglis Andhita Hatmawan. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=W2vXDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Metode+riset+penelitian+kuantitatif+penelitian+di+bidang+manajemen,+Teknik,+pendidikan+dan+eksperimen&ots=Zgui7XD5G_&sig=4DmMBxnU-ROXFkgvVHMWpclbzJk&redir_esc=y#v=onepage&q=Metode%20riset%20penelitian%20kuantitatif%20penelitian%20di%20bidang%20manajemen%2C%20Teknik%2C%20pendidikan%20dan%20eksperimen&f=false
E-journal
Eka Hartati, Mardiana, Elsa Novelia, Nurul Amalia Kartika. (2021). Analisis Desain User Interface Website Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Dengan Metode Heuristic Evaluation. Teknomatika, 11(02), 209–220. http://ojs.palcomtech.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/529
Febrianawati Yusup. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/TARBIYAH.V7I1.2100
Hardani, Husnu Abadi, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, Ria Rahmatul Istiqomah. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. Dalam Repository.Uinsu.Ac.Id
Henry Bastian, Godham Eko Saputro, Auria Farantikan Yogananti. (2021). Desain User Interface Game Fairplay Poker Menggunakan Metode UCD (User Centered Design). JADECS (Journal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 6(2), 138-147. http://journal2.um.ac.id/index.php/dart/article/view/16672/8903
Livia Amanda, Ferra Yanuar, Dodi Devianto. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179–188. http://jmua.fmipa.unand.ac.id/index.php/jmua/article/view/423/409
Munggarhanna Aschi Putra Jayana, Diah Priharsari. (2022). Analisis Pengalaman Pengguna pada Situs Distribusi Digital menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (Studi pada store. steampowered. com dan gog. com). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10548/4679
Rizki Auliazmi, Ganal Rudiyanto, R. Drajatno Widi Utomo. (2021). Kajian Estetika Visual Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Ruangguru Aesthetic Studies Of Visual Interface And User Experience Of The Ruangguru Application. Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 4(1), 21-36. https://www.trijurnal.trisakti.ac.id/index.php/jsrr/article/view/9968/6778
Shandranuur Fauziah Novitasari, Yusi Tyroni Mursityo, Alfi Nur Rusydi. (2020). EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PADA E-COMMERCE SOCIOLLA. COM MENGGUNAKAN USABILITY TESTING DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ): USER EXPERIENCE EVALUATION ON SOCIOLLA. COM E-COMMERCE USING USABILITY TESTING AND USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Edukasi Sistem Informasi, 1(2), 57-63. https://just-si.ub.ac.id/index.php/just-si/article/view/9/9
Shinta Kurnia Dewi, Agus Sudaryanto. (2020). Validitas dan reliabilitas kuisioner pengetahuan, sikap dan perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/11916/Call%20For%20Paper%20NEW-78-84.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Sri Rahmiyati. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Google Form dalam Meningkatkan Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Pengawas Madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(2), 201-209. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPM/article/view/42-08/1783
Taufiq Nur Azis, Nailil Muna Shalihah. (2020). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 54-65. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TAWAZUN/article/view/3028/1832
Wira Buana, Betha Nurina Sari. (2022). Analisis User Interface Meningkatkan Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing pada Aplikasi Android Course. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 5(2), 91-97. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/doubleclick/article/view/11669/4060
Yuana Delvika, Chalis Fajri Hasibuan, Yudi Daeng Polewangi, dan M Habibullah. (2021). Analisa Usabilitas Website Sistem Informasi Akademik Universitas X Menggunakan Nielsen Attributes of Usability (NAU) Questionnaire. JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING, 5(2), 167–175. https://doi.org/10.31289/JIME.V5I2.6113
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v19i1.7960
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Penerbit
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang
Alamat Redaksi:
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Teangah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.