PREDIKSI GETARAN YANG DIAKIBATKAN OLEH KERETA API MELINTAS

Authors

  • Agus Margiantono Program Studi S.1 Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26623/jprt.v14i1.534

Keywords:

Street KA, Dual Path, Kep-49/MENLH/11/1996, station Kejaksan

Abstract

Tapak proyek pembangunan Jalan KA Jalur Ganda Cirebon-Kroya terletak di dua propinsi yaitu Propinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Dengan adanya jalur Ganda dipastikan akan terjadi peningkatan getaran disepanjang jalur tersebut. Berdasarkan Kep-49/MENLH/11/1996, dampak getaran ada 2 yaitu : dampak getaran untuk kenyamanan dan kesehatan serta dampak getaran mekanik untuk struktur dan bangunan. Disemua titik sampel  studi  didapatkan  semua  getaran  masih  dibawah  baku  tingkat  getaran  Berdasarkan Kep-49/MENLH/11/1996. Getaran terbesar akibat operasinal Kereta api terdapat disetasiun Kejaksan Cirebon. Perlu di  cermat jika  2  kereta melintas Getaran telah  melampaui baku  tingkat getaran Berdasarkan Kep-49/MENLH/11/1996.

Downloads

Published

2011-05-28

Issue

Section

Articles