ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA WEBSITE SHOPEE DAN TOKOPEDIA MENGGUNAKAN METODE PIECES

Shintya Afifah Maharani

Abstract


Pada masa pandemi ini, masyarakat Indonesia masih diharuskan untuk tetap berada dirumah dan melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Fitur-fitur yang tersedia pada marketplace Tokopedia maupun Shopee dapat membantu mobilitas dari rumah seperti pembayaran listrik, PDAM, kartu kredit, dan pulsa maupun paket data. Terdapat pro kontra atas penilaian kinerja dari website kedua marketplace tersebut. Contohnya, load process pada website Shopee kadang lebih lama dibandingkan load process Tokopedia ataupun sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kinerja kedua website sudah berjalan sesuai kebutuhan penggunanya serta memberikan informasi sebagai bahan koreksi bagi pihak Shopee dan Tokopedia agar dapat mengatasi kekurangan pada website dan meningkatkan kinerja website. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode PIECES untuk analisis dan metode GTMetrix dan WOT untuk pengujian data. Hasil analisis variabel information sebesar 83,6% (baik), variabel economy sebesar 86,2% (sangat baik), variabel efficiency sebesar 86,6% (sangat baik), dan variabel service 82,1% (baik).


Keywords


Analisis, Kinerja, Metode PIECES, Perbandingan, WOT, GTMetrix.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v18i1.5193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Penerbit

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang

Alamat Redaksi:

Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Teangah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.