PEMBUATAN APLIKASI LIMBAH CADANGAN INDEPENDEN NASIONAL LICIN UNTUK END USER DI PT. LOVIAN SUGIH ABADI BERBASIS ANDROID

Daromy Darojat

Abstract


Belum optimalnya pengolahan limbah di Indonesia saat ini menyebabkan banyak lingkungan tercemar oleh limbah yang dibuang secara sembarangan. Hal ini disebabkan oleh ketidaktahuan masyarakat tentang bagaimana cara mengolah limbah yang benar. Oleh sebab itu perlu dibuat sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mengumpulkan limbah dari masyarakat untuk kemudian dapat diolah dengan baik dan tepat. Aplikasi dibuat menggunakan Android Studio dengan bahasa Kotlin dan akan diimplementasikan pada perangkat Android. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan metode Waterfall dan menerapkan arsitektur MMVM (Model-View-ViewModel) serta menggunakan pustaka Retrofit 2 untuk terhubung dengan backend service. Langkah-langkah pada penelitian ini dimulai dengan menganalisis kebutuhan sistem, perancangan sistem, pembuatan program, pengujian serta penyusunan laporan penelitian. Pada penelitian ini dihasilkan aplikasi Android bernama Licin yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk melakukan permintaan penjemputan limbah untuk ditukarkan dengan uang tunai atau poin dan keuntungan lainnya. Aplikasi Licin berhasil mengimplementasikan pustaka Retrofit 2 untuk terhubung dengan backend service melalui REST API. Dari pengujian kotak hitam diperoleh hasil jika aplikasi Licin dapat berjalan dengan baik dan semua fitur yang diharapkan sudah tersedia di dalam aplikasi. Kemudian dari hasil pengujian kuesioner diperoleh nilai rata-rata dari 30 responden adalah sebesar 90,37%. Hal ini menunjukkan aplikasi Licin telah memenuhi aspek kemudahan, kesesuaian, efektivitas dan kepuasan pengguna.

Keywords


Limbah; Android; Retrofit 2; Waterfall; MVVM

Full Text:

PDF

References


N. P. A. Partnership, Radically Reducing Plastic Pollution in Indonesia: A Multistakeholder Action Plan, 2020. [Online]. Available: https://globalplasticaction.org/wp-content/uploads/NPAP-Indonesia-Multistakeholder-Action-Plan_April-2020.pdf.

TNP2K, Pemanfaatan minyak jelantah untuk produksi biodiesel dan pengentasan kemiskinan di Indonesia, 2020.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah pada Bank Sampah. Indonesia, 2021, p. 46.

L. Rozana and R. Musfikar, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Surat Berbasis Web Pada Kantor Lurah Desa Dayah Tuha, Cybersp. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, p. 14, 2020, doi: 10.22373/cj.v4i1.6933.

R. Ariani and Salahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v18i1.5131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Penerbit

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang

Alamat Redaksi:

Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Teangah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.