E-COMMERCE UNTUK PENGEMBANGAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI DESA SUBAH DENGAN REKOMENDASI PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Dadang Dwi Prasetyo

Abstract


Perkembangan dunia internet saat ini sangat diharapkan karena meningkatnya jumlah pertumbuhan perusahaan dan instansi yang berdampak terhadap kebutuhan layanan informasi. E-commerce merupakan salah satu hasil dari layanan internet yang perkembangannya sangat cepat dan nyata. Penelitian ini mencoba untuk membuat E-commerce berbasis website pada objek penelitian kelompok UMKM di Desa Subah yang basis penjualannya berupa makanan ringan. Kelompok UMKM di Desa Subah masih memasarkan produk secara konvensional, yaitu konsumen masih harus memesan produk melaui pesan singkat ataupun datang langsung ke penjual. Bisnis tentu kurang kompetitif bila tidak memiliki media pemasaran secara online seperti website. Keberadaan suatu website dapat memperluas jangkauan dalam pemasaran produk yang dijual pada kelompok UMKM di Desa Subah. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem E-commerce yang dapat mempermudah konsumen lokal maupun non lokal dalam mendapatkan berbagai produk UMKM Desa Subah dan membantu meningkatkan daya penjualan serta bersaing dalam penjualan produk produk makanan ringan dengan menggunakan E-commerce.  Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pendekatan waterfall serta menggunakan algoritma apriori. Algoritma apriori merupakan suatu metode untuk mencari pola hubungan antar satu atau lebih item dalam suatu dataset. Berdasarkan dari implementasi untuk memprediksi hasil penjualan barang dengan menggunakan Algoritma apriori, menghasilkan suatu sistem yang dapat memberikan informasi kepada pengurus kelompok UMKM desa Subah. Dalam perhitunganya diperoleh hasil kerupuk bawang dan keripik talas mendapat nilai support tertinggi yaitu 45,8%. Sehingga dapat digunakan memprediksi barang yang diminati oleh konsumen dan juga dapat dimanfaatkan untuk merencanakan stok barang yang akan datang. Berdasarakan pada pengujian BlackBox yang didapat dari 3 dosen penguji menunjukan bahwa tingkat keberhasilan mempunyai presentase 100% sedangkan tingkat kegagalan mempunyai presentase 0% maka dapat diambil kesimpulan bahwa sistem sudah berjalan sesuai fungsionalitas nya dan memberikan hasil sesuai yang diharapkan

Keywords


E-commerce, UMKM, Penjualan, Pemasaran, Algoritma Apriori

Full Text:

PDF

References


Seto Hapsoro Bimo, "SISTEM INFORMASI PENJUALAN MEBEL BERBASIS WEB PADA MEBEL ANGKASA PEKALONGAN," Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer, 2015.

Sri Rahayu Siregar, "IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN TIKET," Pelita Informatika Budi Darma, Juli 2014.

Dwi Kartika Pane, "IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN PRODUK ELEKTRONIK MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI," Pelita Informatika Budi Darma, vol. VI, 2013.

Ikhwan Ali, "PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGANALISA TRANSAKSI PENJUALAN UNTUK PRODUK FURNITURE JEPARA," Konferensi Nasional Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2015.

Khoiriah Riri Yanto Robi, "Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat," Citec Journal, vol. 2, 2015.

Nursikuwagus Agus, "IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS PENJUALAN DENGAN BERBASIS WEB," Jurnal Simetris, vol. 7, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v17i2.4368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Penerbit

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang

Alamat Redaksi:

Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Teangah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.