APLIKASI AUGMENTED REALITY PEMBELAJARAN PENGENALAN WAYANG KULIT BERBASIS ANDROID DENGAN IMPLEMENTASI ALGORITMA LINEAR CONGRUENT METHOD

Authors

  • Ira Maria Ulfa Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26623/jprt.v17i2.4326

Keywords:

Wayang Kulit, Media Pembelajaran, Augmented Reality(AR), Linear Congruent Methode (LCM)

Abstract

Pengenalan tokoh wayang kepada siswa sekolah dasar sedikit sulit untuk dilakukan, dikarenakan siswa kurang tertarik  dengan cerita dan tokoh wayang itu sendiri. Salah satu perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan  yaitu teknologi Augmented Reality (AR) yang mana dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran berbasis  multimedia. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah aplikasi pembelajaran pengenalan wayang  kulit berbasis multimedia dengan teknologi Augmented Reality (AR). Dalam aplikasi pembelajaran pengenalan  wayang kulit ini juga menerapkan algoritma Linear Congruent Method (LCM) sebagai metode pengacakan  soal. Pengujian pertama adalah pengujian blackbox yang diperoleh persentase 100% yang artinya aplikasi  layak digunakan dan berjalan sesuai fungsionalnya. Pengujian kedua yaitu whitebox diperoleh cyclomatic  complexity sebesar 4, karena kurang dari 10 maka dapat dikategorikan dalam algoritma yang tidak kompleks. Pengujian ketiga adalah user acceptance test untuk guru memperoleh persentase 88% untuk aspek desain, 92% untuk aspek informasi aplikasi dan 90% untuk materi. Pengujian keempat adalah kompatibilitas aplikasi, tidak ada error yang terjadi saat aplikasi dijalankan pada beberapa versi android yang berbeda. Saran yang  dapat disampaikan adalah aplikasi dapat dikembangkan lagi ke sistem operasi windows dan sistem operasi
IOS agar bisa diinstall di berbagai platform.


Kata Kunci : Wayang Kulit, Media Pembelajaran, Augmented Reality(AR), Linear Congruent Methode (LCM)

References

Aulia Fithria Nurlaila, Heri Suwignyo, and Punadji Setyosari, "Pengembangan Multimedia Untuk Pengenalan

Tokoh Wayang dalam Pembelajaran Bahasa Jawa," Jurnal Pendidikan, vol. 1, no. 7, pp. 1427-1431, 2016.

Rizqi Mauludin, Anggi Srimurdianti Sukamto, and Hafiz Muhardi, "Penerapan Augmented Reality Sebagai

Media Pembelajran Sistem Pencernaan Pada Manusia Dalam Mata Pelajaran Biologi," Jurnal Edukasi dan

Penelitian Informatika (JEPIN), vol. 3, no. 2, pp. 117-123, 2017.

Ade Hendini, "Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus :

Distro Zhezha Pontianak)," Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. IV, no. 2, pp. 107-116, 2016.

Tri A. Kurniawan, "Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap Beberapa Kesalahan Dalam Praktik,"

Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer(JTIIK), pp. 1-11, 2017.

Suendri, "Implementasi Diagram UML(Unified Modelling Language) Pada Perancangan Informasi

Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle," Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, pp. 1-9, 2018.

Yunahar Heriyanto, "Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT. APM RENT CAR,"

Jurnal Intra-Tech, pp. 1-14, 20

Downloads

Published

2021-11-28

How to Cite

Ulfa, I. M. (2021). APLIKASI AUGMENTED REALITY PEMBELAJARAN PENGENALAN WAYANG KULIT BERBASIS ANDROID DENGAN IMPLEMENTASI ALGORITMA LINEAR CONGRUENT METHOD. Jurnal Pengembangan Rekayasa Dan Teknologi, 5(2), 92-99. https://doi.org/10.26623/jprt.v17i2.4326