SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS : SDN 01 GABUS)

Khoirun Nisa Nisa

Abstract


Guru yang memegang peranan penting dalam dunia pendidikan sebagai fasilitator keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar. Menjaga mutu para guru pun menjadi sebuah hal yang harus dilakukan di dalam instansi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pembuatan sistem pendukung keputusan ini merupakan salah satu cara untuk membantu dalam menentukan penilaian kinerja guru di SD Negeri 01 Gabus dan diharapkan sistem tersebut mampu menentukan mana alternatif terbaik berdasarkan ranking perkalian bobot tiap kriteria. Salah satu hal yang bisa memotivasi guru agar selalu mengembangkan dirinya adalah memberikan sebuah reward atau penghargaan sebagai guru berprestasi ataupun guru teladan dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. Metode yang digunakan dalam sistem pendukung keputusan ini adalah TOPSIS (Technique For Order Preference by Similiarity to Ideal Solution) dengan pengembangan sistem model waterfall. Sistem ini dapat menampilkan hasil perangkingan yang lebih akurat dan penilaian akan lebih tepat. Sistem pendukung keputusan ini berbasis website dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database MySQL. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall yang tahapan-tahapannya meliputi tahapan analisis, desain, implementasi dan pengujian. Unified Modeling Language (UML) digunakan sebagai alat bantu dalam perancangan sistem ini. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan pada penelitian ini adalah Hypertext Preprocessor (PHP) dengan MySQL sebagai manajemen database-nya. Pada pembuatan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru ini dilakukan tiga pengujian. Pengujian White-box, Black-Box dan User Acceptance Test.
Kata kunci : sistem pendukung keputusan, penilaian kinerja guru, topsis, website


Keywords


Sistem pendukung Keputusan; Penilaian Kinerja Guru; Topsis; Website

Full Text:

PDF

References


T. Mufizar and N. Nurjayanti, Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru di SDN Mohammad TohaMenggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( AHP ), pp. 9 10, 2015.

W. A. Ariefiandi, G. Abdillah, and R. Ilyas, Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Sma Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Procces ( AHP ) Dan Weighted Product ( WP ), pp. 85 90, 2017.

T. Susilowati et al., Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Sekolah Dasar Kecamatan Gunung Alip Menggunakan Metode Topsis, vol. 9, 2018.

A. Kurniawan, Analisis Dan Perancangan Sistem siPendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru ( Pkg ) Menggunakan Metode Simple Additive Weighting ( Saw ) Pada SD Negeri 1 Wonoroto, pp. 6 7, 2016.

B. P. dan PMP, Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru. 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v17i2.4325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Penerbit

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang

Alamat Redaksi:

Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Teangah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.