ANALISIS POLA BELANJA KONSUMEN PADA TRANSAKSI PENJUALAN PERMAINAN EDUKASI DI TOKO KARUNIA SEJATI

nisrina lutfiatul khofifah

Abstract


Abstrak

Toko karunia sejati merupakan suatu toko yang menjual produk-produk alat permainan edukasi. Toko tersebut biasanya banyak diminati para guru untuk mencari peralatan pembelajaran di sekolah karena harganya yang relative murah dan lengkap. Namun, sampai saat ini data penjualan toko karunia sejati belum tersusun dengan baik, sehingga data penjualan yang semakin hari semakin menumpuk hanya berfungsi sebagai arsip dan tidak dapat dimanfaatkan toko untuk pengembangan strategi pemasaran. Tujuan penulis melakukan penelitian yaitu untuk mengetahui analisis pola belanja konsumen pada transaksi penjualan permainan edukasi di toko karunia sejati menggunakan algoritma apriori. Maka penulis dapat merumuskan masalah bagaimana menganalisis pola belanja konsumen pada transaksi penjualan di toko permainan edukasi karunia sejati dengan menggunakan algoritma apriori. Penelitian ini diselesaikan menggunakan metode Unified Modelling Language (UML) yang terdiri dari Usecase Diagram, Class Diagram, dan Activity Diagram. Sedangkan untuk melakukan analisis data penjualan menggunakan algoritma apriori. Hasil dari proses data mining yaitu pola belanja produk yang sering dibeli bersamaan Produk yang paling tinggi   diminati adalah puzle huruf,kuda kepang,dan papan titian. Dengan nilai minimal support 43.95% dan minimal confidence 67.79%. Pada pengujian black box dari halaman admin yang dilakukan oleh 2 dosen prodi informatika Universitas PGRI Semarang menghasilkan presentase tercapai 100% maka kesimpulan yang didapat bahwa sistem berjalan sesuai dengan fungsionalitasnya dan hasil sesuai yang diharapkan. Pengujian white box pada sistem ini menghasilkan presentase tercapai 100% yang berarti bahwa pengujian white box ini berjalan dengan baik. Sedangkan hasil pengujian UAT (User Acceptance Test) menghasilkan presentase tercapai sebesar 98% yang berarti bahwa memiliki tingkat kepuasan yang tinggi pada sistem ini. Dalam penelitian ini penulis menyarankan agar sistem analisis ini bisa digabungkan dengan e-commerce untuk menjadi lebih mudah dan efisien.

 

 


Keywords


Data mining, pola belanja konsumen, apriori.

Full Text:

PDF

References


L. D. Ummah, RANCANG BANGUN E-COMMERCE PADA TOKO KERUDUNG NURI COLLECTION BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, JURNAL NUANSA INFORMATIKA, Juli 2018.

F. M. I. D. W. Mateus Paga Tana, Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Pada Toko Oase Menggunakan Algoritma Apriori, JIMP - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, Vol 3 No 2 Agustus 2018.

A. I. W. Dini Silvi Purnia, Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori, IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), Vol.2 No.2, November 2017, pp. 31~39.

R. S. Lugina, RANCANG BANGUN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN BERBANTU METODE EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MATA PELAJARAN ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN DASAR PADA MATERI SORTING, Universitas Pendidikan Indonesia : repository.upi.edu, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v17i2.4241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Penerbit

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang

Alamat Redaksi:

Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Teangah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.