SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING PADA SMK HIDAYATUL MUBTADI IN

Khoirul Umam

Abstract


SMK Hidayatul Mubtadi in merupakan instansi pendidikan Swasta dibawah naungan yayasan Hidayatul Mubtadi in. Penerimaan siswa baru di SMK HIDAYATUL MUBTADI IN sangat banyak peminatnya, maka dari itu penulis mencoba menganalisa untuk melakukan perhitungan nilai ranking untuk siswa yang mempunyai nilai terbaik yang akan masuk SMK HIDAYATUL MUBTADI IN. Pengambilan keputusan hanya berdasarkan faktor tertentu saja, sehingga tidak dapat memberikan solusi alternatif dalam penilaian ranking siswa. Profile Matching salah satu mekanisme pengambilan keputusan dengan mengasumsikan bahwa terdapat   tingkat   minimal   yang   harus   dipenuhi   atau   dilewati.   Penelitian ini adalah Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru menggunakan Metode Profil Matching pada SMK Hidayatul Mubtadi in. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi SPK penerimaan siswa pada SMK Hidayatul Mubtadi in menggunakan metode Profil Matching sehingga dapat memberikan informasi mengenai profil calon siswa baru dengan lebih detail dan akurat. Penelitian   yang dibuat menghasilkan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat menghitung nilai-nilai siswa untuk menempati ranking tertentu dan dapat memberikan manfaat dalam pengambilan keputusan untuk penilaian calon siswa-siswi SMK Hidayatul Mubtadi in. Hasil dari kuesioner dari 10 koresponden   maka dapat disimpulkan 60% setuju dengan aplikasi 30% sangat setuju ,10 % kurang setuju dengan aplikasi tersebut.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Penerimaan Siswa Baru, Metode Profile Matching

Full Text:

PDF

References


A. S., R. d. S., Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek., 2014.

Aditya, Jago PHP & MYSQL Dalam Hitungan Menit, 2011.

Babalola. PHP Application Wn Web Server Side The Figure Shows The Operational Framework. PHP Side, 2018.

Cahya, DSS Profile Matching Metode. Contoh Penerapan DSS Profile Matching Metode, 5 April, p. 5, 2018.

Eniyati, S., Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Volume 16, p. 5, 2011.

Farida, I. N. & Firliana, R., Perancangan Sistem Rekomendasi Jurusan Berdasarkan Potensi Siswa Menggunakan Metode Profile Matching. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, Volume 2, p. 6, 2017.

Kadarsah, Tahap-Tahap Yang Dilalui Dalam Proses Pengambilan Keputusan, 2011.

Kristiyanti, D. A., Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Karyawan Untuk Jabatan Tertentu Dengan Pendekatan Analisa Gap Profile Matching, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v17i1.3638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Penerbit

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang

Alamat Redaksi:

Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Teangah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.