Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Websiste Di Kecamatan Batangan
DOI:
https://doi.org/10.26623/jprt.v8i2.11371Abstract
Pengaduan masyarakat merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah instansi daerah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dalam penelitian ini, mengambil studi kasus di Kabupaten Batangan, masyarakat masih merasa kesulitan untuk menyampaikan keluhan yang ada di lingkungannya kepada pemerintah daerah. Selain itu, terkadang meskipun sudah menyampaikan pengaduan, mereka tidak mendapatkan respon dan realisasi yang baik dari pemerintah karena pengaduan harus disampaikan kepada perangkat desa terlebih dahulu, terkadang tidak disampaikan ke kecamatan. Sehingga orang menyampaikan keluhan mereka di tempat yang salah. Oleh karena itu, perlu adanya sistem layanan pengaduan publik berbasis website sebagai ruang aspirasi yang dapat diakses dengan mudah. Desain website menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan MySql sebagai database dengan pemodelan yang diterapkan adalah metode waterfall. Dengan sistem berbasis website ini, dapat memudahkan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan dan mendapatkan tanggapan dari camat dan petugas beserta bukti penyelesaian pengaduan dari petugas. Sistem pelayanan pengaduan masyarakat berbasis website di Kabupaten Batangan yang telah dibuat dapat berjalan dengan baik secara fungsional sebagaimana dibuktikan melalui kuesioner, hasil yang diperoleh adalah 70% sangat setuju, 20% setuju dan 5% cukup. Kata Kunci: Layanan Pengaduan, Situs Web, PHP, Kerangka Kerja CodeignerReferences
I. Irianto, “Perancangan Sistem Informasi Pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa Online di STMIK Royal Kisaran,” Jurteksi, vol. 4, no. 1, pp. 13–20, 2017, doi: 10.33330/jurteksi.v4i1.4.
E. Y. Ningsih, I. Rosyadi, and ..., “Sistem Informasi Pengaduan Online Pada Masyarakat Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan Berbasis Web Dan Android,” Membangun Inform., vol. 8, no. 1, pp. 27–35, 2020.
B. Ghina, H. Ma’ruf, J. Wong, D. Agushinta, and M. Mustikasari, “Analisis User Experience Terhadap Website Perpustakaan Universitas Gunadarma dengan Metode Heuristic Evaluation,” J. Ilm. KOMPUTASI, vol. 18, no. 3, pp. 189–198, 2019.
Mursidah, E. B. Syarif, and A. S. Muhakik, “Perancangan Drinking Fountain Dalam Perspektif Sistem Drinking Fountain Design in System Perspective,” e-Proceeding Art Des., vol. 5, no. 3, pp. 3848–3854, 2018.
A. T. Hidayat, “Perancangan Sistem Informasi Dinas Pendapataan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Kabupaten Mura Tara Berbasis Web Mobile,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 4, no. 1, pp. 27–36, 2019, doi: 10.32767/jusim.v4i1.418.
Y. D. Wijaya and M. W. Astuti, “Sistem Informasi Penjualan Tiket Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., pp. 273–276, 2019.
I. Purbha Irwansyah, “Sistem Informasi Akademik Subsistem Master Data Mahasiswa Dengan Menggunakan Framework CodeIgniter,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 3, pp. 300–309, 2018, doi: 10.30591/jpit.v3i3.914.
Y. Yuliani, M. D. Syahrial, M. A. Ghani, Yusti Farlina, A. Wibowo, and ..., “Perancangan Program E-Commerce Pakaian (Studi Kasus: Chinot Collection Sukabumi),” J. Speed – Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 13, no. 1, pp. 54–58, 2020, [Online]. Available: http://speed.web.id/jurnal/index.php/speed/article/view/683
A. Suryadi, “Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Arsip Surat Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus : Kantor Desa Karangrau Banyumas),” J. Khatulistiwa Inform., vol. 7, no. 1, pp. 13–21, 2019, doi: 10.31294/jki.v7i1.36.
A. Syaebani, D. V. Tyasmala, R. Maulani, E. D. Utami, and S. N. Wahyuni, “Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Surat Menyurat (Sira) Berbasis Website Dengan Menggunakan Framework Codeigniter,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 3, no. 2, pp. 59–65, 2021, doi: 10.24076/joism.2021v3i2.446.