ANALISIS KARAKTERISTIK DAN PERILAKU PENYEBERANGAN ORANG PADA FASILITAS PENYEBERANGAN ZEBRA CROSS DAN PELICAN CROSS (STUDI KASUS RUAS JALAN M. H. THAMRIN)

Nunung Widyaningsih, Ondi Daniel

Abstract


Pejalan kaki dapat menyeberang jalan secara aman apabila disediakan fasilitas yang sesuai dengan kondisi lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis karakteristik penyeberang jalan pada fasilitas zebra cross dan pelican cross. Karakteristik tersebut dapat dijadikan referensi dalam merancang fasilitas penyeberangan di masa mendatang.

Variabel-variabel pejalan kaki yang dianalisis diantaranya adalah kecepatan menyeberang, jenis kelamin dan tingkat kepatuhan. Karakteristik pengemudi dan kondisi fasilitas juga dianalisis untuk mendapatkan perbedaan yang mendetail antara penyeberangan zebra cross dan pelican cross. Berdasarkan analisis, laki-laki menyeberang lebih lambat dibandingkan perempuan, kecepatan laki-laki adalah 1,22 m/detik dan 1,30 m/detik sedangkan kecepatan perempuan adalah 1,24 m/detik dan 1,41 m/detik. Kecepatan individu menyeberang lebih cepat dibandingkan platoon, kecepatan individu adalah 1,23 m/detik dan 1,35 m/detik sedangkan kecepatan platoon adalah 1,09 m/detik dan 1,19 m/detik. Perempuan cenderung lebih mematuhi peraturan dibandingkan laki-laki. Penyeberangan pelican cross lebih direkomendasikan untuk arus dan kecepatan lalu lintas lebih tinggi bila dibandingkan oleh penyeberangan zebra cross.


Keywords


Pejalan Kaki, Penyeberangan, Perilaku, Zebra Cross, Pelican Cross

Full Text:

PDF

References


Arsyaf, Adnan, 2014. Analisis Karakteristik Penyeberang Jalan Pejalan Kaki Pada Lampu Penyeberangan Waktu Tetap dan Tombol (Studi Kasus Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta). Jakarta : Universitas Indonesia.

Tata Cara Perencanaan Fasilitas Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan, 1995. Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Transportation Research Board, 2000. Highway Capacity Manual, United States: National Research Council, Washington D. C.

Wael K.M, Alhajyaseen; & Hideki Nakamura, 2010. Quality of Pedestrian Flow and Crosswalk Width at Signalized Intersections.

Zhuang, Xiangling; Wu, Changxu, 2010. Pedestrians crossing behaviors and safety at unmarked roadway in China. Journal Accident Analysis and Prevention.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v15i1.1486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Penerbit

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang

Alamat Redaksi:

Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Teangah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.