RANCANGAN VIDEO TUTORIAL GERAK TARI TOPENG LENGGER SONTOLOYO GAGRAG NJANTINAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN (STUDI PARTICIPATORY ACTION RESEARCH DI DUSUN GIYANTI, DESA KADIPATEN, KECAMATAN SELOMERTO, KABUPATEN WONOSOBO)

Betarum Damaris, Sukaesih Sukaesih, Kusnandar Kusnandar, Ute Lies Siti Khadijah

Abstract


Untuk memaksimalkan transmisi pengetahuan, menyediakan sumber pembelajaran budaya penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan literasi budaya dan kewargaan bagi masyarakat. Adanya urgensi tersebut menjadi langkah awal untuk memicu partisipasi masyarakat dalam menghasilkan dokumen budaya yang dapat dipelajari dan diaplikasikan.  Maka dari itu dibuatlah rancangan video tutorial Tari Topeng Lengger Sontoloyo gagrag Njantinan yang juga menjadi dasar observasi awal yang dapat digunakan untuk ahli dalam bidangnya ataupun peneliti selanjutnya dalam membuat dokumentasi yang lebih baik. Fokus penelitian sebagai berikut: bagaimana rancangan materi video tutorial gerak dasar Tari Topeng Lengger Sontoloyo gagrag Njantinan; bagaimana rancangan teknis video tutorial gerak dasar Tari Topeng Lengger Sontoloyo gagrag Njantinan; serta bagaimana rancangan pedagogis video tutorial gerak dasar Tari Topeng Lengger Sontoloyo gagrag Njantinan. Penelitian ini disusun dengan pendekatan kualitatif dengan metode participatory action research model Stringer. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Rancangan materi dilakukan secara kolaboratif dengan melibatkan partisipasi masyarakat dalam menyusun materi ragam gerakan dengan rincian per bagian gerakan mulai gerakan kaki, gerakan tangan, dan gerakan kepala dari  Tari Topeng Lengger Sontoloyo gagrag Njantinan; (2) Rancangan teknis memperhatikan kualitas gambar, kualitas audio, teknis, dan kualitas pemeran dengan menggunakan kaidah videografi. ; dan (3) Rancangan pedagogis tersusun dengan memperhatikan aspek beban kognitif dan keterlibatan audiens dalam penyajian informasi melalui rancangan video tutorial  . Kesimpulan penelitian adalah Rancangan Video Tutorial gerak dasar Tari Topeng Lengger Sontoloyo gagrag Njantinan tersusun atas rancangan materi, rancangan teknis, dan rancangan pedagogis yang dapat digunakan menjadi observasi awal dalam menghasilkan dokumentasi yang lebih baik. Selain itu rancangan inipun dapat menjadi pendamping bagi guru tari dalam mentransmisikan pengetahuan budaya yang dimuat dalam rancangan video tutorial gerak dasar Tari Topeng Lengger Sontoloyo gagrag Njantinan.

Kata Kunci: Rancangan Video Tutorial; Gerak Dasar; Tari Topeng Lengger Sontoloyo gagrag Njantinan; Literasi Budaya dan Kewargaan.


Full Text:

PDF

References


Guo, P. J., Kim, J., & Rubin, R. (2014). How video production affects student engagement: An empirical study of MOOC videos. L@S 2014 - Proceedings of the 1st ACM Conference on Learning at Scale, July, 41–50. https://doi.org/10.1145/2556325.2566239

IFLA. (2019). IFLA Statement on Indigenous Traditional Knowledge – IFLA. https://www.ifla.org/publications/ifla-statement-on-indigenous-traditional-knowledge/

IFLA. (2021). IFLA Guidelines for Professional Library and Information Science (LIS) Education Programmes. April, 1–14. www.ifla.org

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusumawardani, I. (2013). MAKNA SIMBOLIK TARI SONTOLOYO GIYANTI KABUPATEN WONOSOBO. 2(1), 1–8.

Mayer, R. E. (2014). The Cambridge handbook of multimedia learning (R. E. Mayer (ed.)). Cambridge University Press. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Mayer, R. E., & Moreno, R. M. (2003). Nine Ways to Reduce Cognitive Load in Multimedia Leaming. Educational Psychologist: A Special Issue of Educational Psychologist: Volume 38, 38(1), 43–52. https://doi.org/10.4324/9780203764770-6

Park, E. E. (2022). Expanding Reference through Cognitive Theory of Multimedia Learning Videos. Journal of Academic Librarianship, 48(3), 102522. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2022.102522

Purwanti, E. (2016). Bentuk Penyajian Tari Topeng Lengger di Desa Giyanti Wonosoboso. Institutional Repository ISI Yogyakarta, 1–18. http://digilib.isi.ac.id/2082/#

Stringer, E. T. (2014). Action Research. In SAGE Publication, Inc. (4th ed.). SAGE.

TechSmith. (2020). The Ultimate Guide to Easily Make Instructional Videos. In TechSmith (pp. 1–16). https://www.techsmith.com/blog/instructional-videos/

University at Buffalo. (n.d.). Instructional Video Creation Rubric (pp. 1–4). Office of Curriculum, Assessment and Teaching Transformation, University of Buffalo.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jisl.v5i1.9755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Redaksi:

[Journal Information Science and Library] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh UPT. Perpustakaan Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.