Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Instagram di UPT Pusat Perpustakaan UIN Raden Mas Said Surakarta

Rudi Junaedi Rudi Junaedi, Zahrina Roseliana Zahrina Roseliana Mazidah

Abstract


Perpustakaan Perguruan Tinggi menyediakan berbagai koleksi, fasilitas, dan layanan, agar dapat digunakan secara maksimal oleh pengguna perpustakaan harus melakukan promosi perpustakaan. Promosi perpustakaan dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu secara tercetak ataupun digital. Salah satunya UPT Pusat Perpustakaan UIN Raden Mas Said melakukan promosi perpustakaan dengan media sosial instagram. Promosi perpustakaan menggunakan instagram adalah dengan membuat konten tentang apa saja yang ada di perpustakaan tersebut kemudian dibagikan di instagram dikemas secara menarik. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk kegiatan promosi yang dilakukan oleh UPT Pusat Perpustakaan UIN Raden Mas Said melalui media sosial instagram, dan kendala apa saja yang dialami dalam melakukan promosi perpustakaan melalui media sosial instagram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pusposive sampling. Hasil dari pengumpulan data bahwa UPT Perpustakaan UIN Raden Mas Said melakukan kegiatan promosi dengan membuat konten foto dan video informatif, mengikuti akun instagram perpustakaan lain, melakukan kolaborasi dengan perpustakaan lain, dan aktif membalas pesan dan komentar. Kendala yang dialami dalam promosi perpustakaan melalui media sosial instagram, yaitu kurangnya ide dalam pembuatan konten dan kurangnya SDM yang mengelola akun instagram secara khusus sehingga dalam mengunggah konten kurang maksimal.

Kata Kunci: Instagram; Perpustakaan Perguruan Tinggi; Promosi Perpustakaan


Full Text:

FULL TEXT

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Bahgie, B. (2021). Strategi Promosi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Aceh dan Perpustakaan Abulyatama dalam Meningkatkan Minat Kunjung Pemustaka (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Berlianti, Dinada. (2022). Strategi Promosi Melalui Media Sosial di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Salatiga.

https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/92603/Strategi-Promosi-Melalui-Media-Sosial-di-Perpustakaan-Universitas-Islam-Negeri-Salatiga

Damayanti. (2018). Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Media Sosial Instagram. Jurnal Widyaloka Ikip Widya Darma, 5(3), 261–278.

Fitriyani, E., & Pramusinto, H. (2018). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan, Kualitas Pelayanan, Dan Kinerja Pustakawan Terhadap Minat Berkunjung Masyarakat. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 73–84.

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Indonesia. (2014). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007.

Instagram users in Indonesia - January 2023. https://napoleoncat.com/stats/social-media-users-in-indonesia/2023/

Iqbal, Y. (2020). Media promosi perpustakaan perguruan tinggi di era milenial dan revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam, 01(021), 16–26. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/el%20pustaka.v1i2.8482

Puspitasari, D. (2021). Strategi Promosi UPT Perpustakaan UMM pada Masa Pandemi Covid-19. Daluang: Journal of Library and Information Science, 1(1), 10. https://doi.org/10.21580/daluang.v1i1.2021.7973

Yenianti, I. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial. PUSTABIBLIA: Journal of Library and Information Science, 3(23), 223–237.

http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1634474&val=13685&title=Promosi




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jisl.v4i2.9070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Redaksi:

[Journal Information Science and Library] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh UPT. Perpustakaan Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.