Pemanfaatan Media Audio Podcast sebagai Sarana Kemas Ulang Informasi

Fitriyana Fitriyana, Jazimatul Husna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan podcast sebagai sarana kemas ulang informasi di era digital pada channel podcast Sahabat Buku. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dalam proses pengambilan datanya menggunakan metode studi literatur, observasi dan wawancara. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang dipilih dengan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan thematic analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa podcaster Sahabat Buku berperan sebagai komunikator dalam menyusun konten kemas ulang informasi serta menyebarkan hasil kemas ulang informasi. Podcaster Sahabat Buku memilih siswa, mahasiswa dan remaja sebagai sasaran dari konten kemas ulang informasi yang dibuat. Podcaster melakukan tahapan penyusunan kemas ulang informasi dan melakukan pemilihan media sebagai sarana kemas ulang informasi yang dipilih. Media yang dipilih yaitu media audio podcast yang didistribusikan melalui spotify dan instagram sebagai alat untuk promosi. Podcast dipilih karena proses pembuatan yang tergolong mudah dan masyarakat Indonesia belum banyak yang memanfaatkan podcast sebagai sarana kemas ulang informasi. Adapun efek pemanfaatan podcast sebagai sarana kemas ulang informasi bagi pendengar yaitu mempermudah penemuan isi buku, menambah pengetahuan dan informasi dari buku fiksi, podcast sebagai media kemas ulang informasi di era digital dan sebagai sarana hiburan.  

Keywords:  audio media;information repackaging; podcast;


Full Text:

FULL TEXT

References


Braun,V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psycology. 3(2). 77-101.https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Eka, R. (2018). Laporan DailySocial: Penggunaan Layanan Podcast 2018. https://dailysocial.id/post/laporan-dailysocial-penggunaan-layanan-podcast-2018. Diakses pada 5 Mei 2021.

Dongardive, Prakash. (2013). Information Repackaging in Library Service. International Journal of Science and Research. Vol-11.1. https://www.ijsr.net/archive/v2i11/MDIwMTM0MDM=.pdf

Hasanah, Hasyim.(2016). Teknik-teknik Observasi. https:// 10.21580/at.v8i1.1163

Husna, Jazimathul. (2019). Transformasi Kepemimpinan Bagi Pustakawab Di Era Digital

Kartiningrum, Eka Diah. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. https://docplayer.info/30622473-Panduan-penyusunan-studi-literatur-disusun-oleh-eka-diah-kartiningrum-mkes.html. Diakses pada 14 November 2022

Kemp, J.E, Dayton, D.K.(1985). Planing and Production Instructional Media. New York:Harper & Row Publisher.

Nazarius, Asot., Asran, Mastar., Margiyati, K.Y. (2015). "Peningkatan Kemampuan Menyimak Menggunakan Media Audio Disekolah Dasar." Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa.

Okunade, Bayo.(2015). Information Repackaging and Community Information services. Ibadan: Distance Learning Centre. University of Ibadan.

Rahardjo, M. (2017). Desain Penelitian Studi Kasus.Repository. UIN Malang, http://repository.uin-malang.ac.id/1423/1/desain.pdf

Sugiyono.(2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makasar:Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Younger, P. (2014). Update Dissemination of medical and science-based information : the effectiveness of podcasting.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jisl.v3i2.5946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Redaksi:

[Journal Information Science and Library] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh UPT. Perpustakaan Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.