Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Kabupaten Demak

Nur Kholik, Whisnumurti Adhiwibowo

Abstract


Perpustakaan adalah salah satu unit kerja yang berupa tempat untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan mengatur koleksi bahan pustaka secara sistematis untuk digunakan oleh pengguna sebagai sumber informasi sekaligus sebagai sarana belajar yang menyenangkan. Namun pada Perpustakaan SDN Surodadi 1 semua kegiatan pendataan peminjaman maupun pengembalian buku masih bersifat manual atau masih menggunakan buku catatan dan akan mudah hilangnya data peminjaman serta mempersulit petugas perpustakaan dalam mencari data buku yang akan dipinjam. Oleh karena SDN Surodadi 1 perlu membuat sistem perpustakaan di SDN Surodadi 1. Metode penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam melakukan penelitian meliputi studi lapangan dan studi pustaka. Studi lapangan meliputi wawancara dan pengamatan. Studi pustaka dilakukan dengan penelitian kepustakaan yang relevan dengan masalah yang dihadapi penulis. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pembuatan sistem ini adalah metode Prototype. Sistem ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, MySQL dan CodeIgniter 3. Dengan adanya system ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja sekolah dalam pengelolaan data perpustakaan serta dapat mempermudah pendataan dan peminjaman maupun pengembalian pada perpustakaan.

The library is a work unit in the form of a place to collect, store, manage and organize a collection of library materials systematically to be used by users as a source of information as well as a fun learning tool. However, at the SDN Surodadi 1 Library, all data collection activities for borrowing and returning books are still manual or still using notebooks and it will be easy to lose borrowing data and make it difficult for librarian to find data for books to be borrowed. Therefore, SDN Surodadi 1 needs to create a library system at SDN Surodadi 1. The research method used by the author in conducting research includes field studies and literature studies. Field studies include interviews and observations. Literature study was carried out with library research relevant to the problems faced by the author. The system development method used in the manufacture of this system is the Prototype method. This system is made using the programming languages PHP, MySQL and CodeIgniter 3. With this system, it is expected to improve school performance in managing library data and can facilitate data collection and borrowing and returning to the library.


Full Text:

FULL TEXT

References


Budiman, A, 2016 Rancang Bangun Sistem Aplikasi Persediaann Barang di TB. IndahJayaBerbasisDekstop, URL:https://www.maxmanroe.com/vid/tek nologipengertian-aplikasi.html.

Dwi, I. R, 2016 Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis web di Balai Pengkajian Pengembangan Komunikasi dan Informatika Surabaya, URL:https://jurnal.kominfo.go.id/index.php

Fathansyah, 2012, Basis Data, Informatika, Bandung

Fatimah, N. dan E. Yandria, 2018 Perancangan system Informasi Perpustakaan Berbasis web untuk SMA Islam Sunan Gunung Jati, URL:https://jurnal.stkippgritulungagung.ac. id/index.php.

Kusnadi, 2008, Sistem Operasi, Andi Yogyakarta.

L. Hasugian, 2014. Pengertian Aplikasi. Lukmanul, 2014. Pengertian Web

Nur, R. L, 2016 Perancangan dan Pembangunan Sistem Informasi Pencarian atau Searching Katalog Online, URL:https://adoc.tips/abstrak-kata-kunci-sistem-informasi-perpustakaan katalog- onl.html.

O brian,2012. Sistem Informasi.

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7 : Buku 1. Yogyakarta: Andi.

Putri Febriani, Happy (2013) Pemberian Motivasi Kepala Perpustakaan Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Pustakawan Di Upt Perpustakaan Iain Surakarta.

Undergraduate thesis, Ilmu Perpustakaan.

Raharjo, 2015. Pengertian Framework

S, Rosa A, dan M. Shalahuddin, 2013, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.

Subagia, 2017. Pengertian CodeIgniter

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jisl.v3i1.5106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Redaksi:

[Journal Information Science and Library] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh UPT. Perpustakaan Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.