Analisis Minat Kunjung Pemustaka Di Dinas Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kota Semarang

Wahyu Kurnia Sandy, Edy Mulyantomo

Abstract


Penelitian dilakukan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penyebab meningkatnya minat pengunjung pengguna pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Semarang setiap tahunnya. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Kajian tersebut didasarkan pada prinsip kesesuaian informasi, kesesuaian dan kecukupan. Berdasarkan prinsip bahwa seorang informan dalam penelitian berjumlah 6 orang. Dari hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa hal yang menjadi penyebab meningkatnya minat pengunjung yang terbagi menjadi 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

The study was conducted in Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Semarang. The purpose of this study is to analyze the cause of the increasing interest of visitor to user in the Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Semarang each year.The   study   used   a   qualitative   method.   The   study   is   based   on   the   principal   of suitability information appropriateness and adequacy. Based on the principle that an informant in the study of 6 people.From the results of this study indicate there are several things that cause increased interest in visitors who are divided into 2 factors namely internal and external factors


Full Text:

FULL TEXT

References


Kottler dan Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran. Jilid 1. Yogyakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran di Indonesia:Analisis, Perencanaa, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Meysaroh, Isti. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Kunjung Pemustaka di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klate. Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Khalijaga Yogyakarta.

Valentine, Sisirie (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Mahasiswa Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Tanah Datar. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (Iain) Batusangkar

Nurkumala Sari, & Tri Wahyu Hari Murtiningsih. (2013). Pelaksanaan Fungsi Rekreatif pada Layanan Ruang Belajar Modern dalam Meningkatkan Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan Propinsi Jawa Tengah Jurnal Ilmu Perpustakaan Volume 2 nomor 4.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. SutarnoNS,(2006). Manajemen Perpustakaan suatu pendekatan praktik. Jakarta: Samitra Media Utama.

Sutarno NS, (2005). Manajemen Perpustakaaan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Sagung Seto.

Suwarno, Wiji, (2016). Organisasi Informasi Perpustakaan (Pendekatan Teori dan Praktik). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Yusuf, Pawit M. Dan Suhendar, Yaya. (2005). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Edisi Pertama. Cetakan Ke-2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Besari, Fiersa (2018). Arah Langkah. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta: Media Kita.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jisl.v2i1.3203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Redaksi:

[Journal Information Science and Library] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh UPT. Perpustakaan Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.