Layanan Braille di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang

Ayu Puspa Arum, Jazimatul Husna

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui tentang proses kegiatan pengadaan buku braille Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang, mengetahui cara peningkatan layanan braille di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang, mengetahui kendala dalam memberikan layanan braille untuk pemustaka berkebutuhan khusus di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang, dan mengetahui kesesuaian antara teori dan praktik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah metode studi pustaka, metode observasi dan metode wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini ialah adalah metode deskriptif. Dari hasil praktik kerja di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang melakukan kegiatan pengadaan koleksi buku dengan cara membuat surat keputusan untuk pengajuan penambahan koleksi buku braille. Kendala-kendala yang dihadapi adalah pada saat pustakawan melakukan klasifikasi buku braille menggunakan judul sehingga butuh waktu lama untuk menatanya di rak buku dan kurangnya pustakawan yang punya banyak wawasan tentang buku braille.

The purpose of this study was to find out about the process of procuring braille books in the Magelang City Library and Archives Office, knowing how to improve braille services in the Magelang City Library and Archives Office, knowing the obstacles in providing braille services for those with special needs at the Library and Archives Office in Magelang, and knowing the compatibility between theory and practice in the Library and Archives Service in Magelang City. Data collection methods used in the writing of this thesis is the method of literature study, observation methods interview methods. Analysis of the data used in writing this thesis is a descriptive method. From the results of work practices at the Magelang City Library and Archives Service, the procurement of a book collection is done by making a decision letter to submit additional braille book collections. The obstacles faced are when the librarians classify braille books using the title so it takes a long time to arrange them on the bookshelves and the lack of librarians who have a lot of insights about braille books.


Full Text:

XML FULLTEXT

References


Abdullah, Nandiyah. 2012. Bagaimana Mengajar Anak Tunanetra di Sekolah Inklusi. Jurnal Magistra No. 82 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Asih Mahasatya.

Istiana, . 2014. Layanan Perpustakaan. Yogyakarta: Ombak.

Konvensi Tentang Hak Penyandang Tuna Netra. 2011. Hak-Hak Penyadang Disabilitas. Jurnal Disabilitas. Yogyakarta: Pemerintah RI.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta : Referensi.

Sulistyo basuki. 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sutarno. 2003. Suatu Pendekatan Praktik Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto.

Tarsidi, Didi. 2005. Buku Braille yang Diharapkan Oleh Pembaca Tunanetra. Makalah Sosialisasi Program BPBI Abiyoso dalam Rangka Peningkatan Kualitas Buku Braille. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jisl.v1i1.2495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Redaksi:

[Journal Information Science and Library] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh UPT. Perpustakaan Universitas Semarang - Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.