Pengaruh Pemanfaatan Koleksi Buku Penunjang Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 1 Semarang

Tsani Fatimah, Tri Wahyu Harimurtiningsing

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan koleksi  buku   penunjang  terhadap   prestasi   belajar   siswa  di   Madrasah   Aliyah Negeri (MAN) 1 Semarang. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik pengolahan data meliputi: memahami, mengklasifikasi dan mengolah. Keabsahan data telah dilakukan  dengan teknik pemeriksaan triangulasi. Hasil penelitian diketahui siswa berkunjung ke perpustakaan tiga kali dalam seminggu. Siswa memanfaatkan buku penunjang dengan cara membacanya di perpustakaan, mencatat, menggandakan (copy), dan meminjam. Buku penunjang yang sering dimanfaatkan oleh siswa adalah buku-buku yang berhubungan dengan pelajaran di sekolah karena mampu membantu siswa memahami materi-materi yang dijelaskan oleh guru di kelas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemanfaatan koleksi buku penunjang terhadap prestasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa.

The purpose of this study is to determine the effect of promoting the use of a collection of books on student achievement in   Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Semarang.   The method used was qualitative research. Data was collected primarily through interviews and observations. Data processing techniques include: understanding, classifying and processing information. The validity of the data was tested by the examination technique of triangulation. Results reveal students visit the library three times a week. Students take advantage of support by way of reading books in the library, recording, reproducing (copying), and borrowing books. Supporting materials, which are often used by students are books related to school subjects because they can help students understand the material described by the teacher in the classroom. The results of this study have concluded that the effect of promoting the use of a collection of books on student achievement showed an increase in student achievement.


Full Text:

XML FULLTEXT

References


Abu Fathan. http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2012/01/03/Peluang-Menulis-Buku-Penunjang- Pelajaran-424292.html (diunduh pada tanggal 6 Maret 2013)

Ali, Lukman. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta.

Arifin, Zainal. 1991. Evaluasi Instruksional, Prinsip, Teknik, Prosedur, Bandung: Remaja Rosdakarya. Arikunto, suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. Bafadal, Ibrahim. 1992. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Bafadal, Ibrahim. 2001. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

C. Larasati Milburga, et.all. , 1986. Membina Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Kanisius. Depdikbud. 1979. Pedoman Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Depdikbud.

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan : Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Gaung Persada Press. Mardalis. 2008. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Milles, Mathew B dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode

Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. P. Chaplin, James. 2004. Kamus Lengkap Psikologi,Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. P. Sumardji. 1991. Perpustakaan Organisasi dan Tatakerjanya. Yogyakarta: Kanisius. Poerwadarminta. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Poerwadarminta., W.J.S. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rachmad. 2007. Pengembangan Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi.

//media.diknas.go.id/media/document/5648.pdf> (diunduh pada tanggal 26 April 2013). Ridwan,2008.http://cafestudio061.wordpress.com/2008/09/11/Pengertian-Pelajardan-Perubahan - Perilaku-

dalam-Belajar (diunduh pada tanggal 26 November 2012).

Sangadji, Etta Mamang. 2010. Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Sinaga, Dian. 2005. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kiblat Buku Utama.

Siregar, A. Ridwan. 1999. Perpustakaan: Energi Pembangunan Bangsa. Medan: USU Press. Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suherman. 2009. Perpustakan sebagai Jantung Sekolah. Bandung: MQS Publishing.

Sumardjo. 1998. Organisasi dan Tatalaksana Perpustakaan Sekolah. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah

Menengah Umum. Jakarta: Departemen P & K.

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada. Sutarno. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: CV agung Seto.

Tim Redaksi Fokusmedia. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Nomor 20 tahun 2003).

Bandung: Fokusmedia.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1994. Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

W.S. Winkel, 1978. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah. Jakarta: Gramedia.

Yusuf, Pawit M. dan Suhendar, Yaya. 2005. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana.

Zainal Arifin. 1991. Evaluasi Instruksional, Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zulkarnaen, Sani. 2007. Pemanfaatan Koleksi Buku.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jisl.v1i1.2487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Redaksi:

[Journal Information Science and Library] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh UPT. Perpustakaan Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.