Perhitungan Harga Pokok Produk Dalam Upaya Peningkatan Harga Jual Yang Kompetitif Pada Produksi “Kerupuk Ikan Rizki Berkah”

Eli Erfandi, Yosi Pupus Indriani

Abstract


UMKM Kerupuk Ikan Rizki Berkah salah satu usaha yang memproduksi Kerupuk Ikan. Produk yang ditawarkan memiliki cita rasa yang gurih dan renyah, hal ini dikarenakan resep bumbu yang masih dipertahankan secara turun temurun. Tujuan diadakannya kegiatan Pendampingan UMKM ini untuk mengidentifikasi permasalahan- permasalahan yang ada di UMKM. Setelah mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Kerupuk Ikan Rizki Berkah maka solusi alternatif yang kami berikan adalah pembuatan: Perhitungan HPP dan Laporan Keuangan sederhana karena permasalahan utama yang di hadapi oleh UMKM ialah belum bisa menetapkan harga jual berdasarkan perhitungan HPP, ada pula beberapa program kerja pendukung yaitu pembuatan Akun Facebook untuk keperluan promosi, pembuatan Banner, pembuatan logo, pembuatan Stampel, pembuatan titik Goggle Maps, pembuatan label produk dan kemasan, foto produk, video produksi dan video promosi, pendaftaran NIB dan Sertifikat Halal. Dalam prosesnya Pendampingan UMKM ini belum dapat menghitung harga pokok produk (HPP). Sehingga kegiatan pengabdian masyarakat ini tim melakukan pendampingan dalam penghitungan harga produk bagi UMKM dan kegiatan lainnya.

Full Text:

PDF

References


Bartono, P. H. , S. N. S. E. J. (2005). How to Win Customers in Competitive Market.

Gama Nuari, P. (2021). PENGARUH SERTIFIKASI HALAL, HARGA KOMPRTITIF, DAN PENDAPATAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RM AYAM BAKAR WONG SOLO.

Hartono, & Dwi H artomo. (2014). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN UMKM DI SURAKARTA.

Hasyim, R. (2018). ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DAN HARGA JUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING PADA HOME INDUSTRY KHOIRIYAH DI TAMAN SARI, SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10.

Hidayat, A., Lesmana, S., & Latifah, Z. (2022). PERAN UMKM (USAHA, MIKRO, KECIL, MENENGAH) DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI NASIONAL. JIP Jurnal Inovasi Penelitian.

Istanti, L. N., Agustina, Y., Wijijayanti, T., & Dharma, B. A. (2020). Pentingnya Penyusunan Laporan Keuangan UMKM bagi Para Pengusaha Bakery, Cake and Pastry (BCP) Di Kota Blitar.

Manein, J. O., Saerang, D. P. E., & Runtu, T. (2020). Penentuan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing pada Pembuatan Rumah Kayu (Studi kasus pada CV. Rajawali Tunggal Perkasa- Woloan 1 Utara). Indonesia Accounting Journal, 2(1), 37. https://doi.org/10.32400/iaj.27557

Puspitaningtyas, Z. (2017). PEMBUDAYAAN PENGELOLAAN KEUANGAN BERBASIS AKUNTANSI BAGI PELAKU USAHA KECIL

MENENGAH. In Jurnal Akuntansi: Vol. XXI (Issue 03).

Rahayu Ningsih, S., & Utiyati, S. (2020). Pengaruh Current Ratio, Debt to Asset Ratio, dan Net Profit Margin Terhadap Pertumbuhan Laba.

Rahayu, P. A., Elvira, S. F., Liu, F., & Ratna, M. P. (2021). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan untuk Pemilik UMKM Sesuai dengan SAK EMKM dan Perhitungan Pajak. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(2). https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i2.5169

Rudiantoro, R., & Siregar, S. V. (2012). KUALITAS LAPORAN KEUANGAN UMKM SERTA PROSPEK IMPLEMENTASI SAK ETAP. In Kualitas

Laporan Keuangan UMKM serta… 1 Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia (Vol. 9, Issue 1).

Rudiyanto, & Nihlatus Solihat, S. (2016). PENGARUH PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI TERHADAP HARGA JUAL PADA PERUSAHAAN SAGITAROTI DI RANGKASBITUNG LEBAK BANTEN. Jurnal Studia Akuntansi Dan Bisnis, 7–12.

Setyawati, Y., & Hermawan, S. (2018). Persepsi Pemilik Dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atas Penyusunan Laporan Keuangan. Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia.

Sujarweni, V. W. (2017). IMPLEMENTASI PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK MENCAPAI LABA OPTIMAL (STUDI PADA SENTRA UKM INDUSTRI BAKPIA DI WILAYAH MINOMARTANI

SLEMAN YOGYAKARTA). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 4(3). https://doi.org/10.17509/jrak.v4i3.4665

Toar Pangemanan, J. (2016). ANALISIS PERENCANAAN LABA PERUSAHAAN DENGAN PENERAPAN BREAK EVEN POINT PADA PT. KHARISMA SENTOSA MANADO ANALYSIS OF PLANNING PROFIT COMPANY APPLICATION TO BREAK EVEN POINT IN PT. KHARISMA SENTOSA MANADO. Jurnal EMBA, 4(1), 376–385.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/ji2e.v1i1.9467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Implementasi Ilmu Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Implementasi Ilmu Ekonomi (JI2E) published by Fakultas Ekonomi Universitas Semarang, Gedung N, Jl. Areteri Soekarno Hatta, Tlogosari, Semarang