Analisis Nilai Sejarah Nyai Ageng Dewi Maduretno di Desa Pocong Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.26623/jdsb.v26i1.9695Keywords:
Sejarah, Nyai Ageng Dewi Maduretno, Bangkalan, Kearifan LokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai sejarah yang ada dalam sejarah makam Nyai Ageng Dewi Maduretno. Penelitian ini merupakan penelitian istoris. Penelitian historis meneliti tentang sebuah fakta sejarah yang ada di suatu tempat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, dokumentasi dan wawancara, Subjek penelitian berupa kompleks pemakaman N yai Ageng Dewi Maduretno yang berada di Bangkalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kisah hidup Nyai Ageng Dewi Maduretno berkaitan dengan masa kejayaan Majapahit, dimana Nyai Ageng Dewi Maduretno merupakan keturunan dari panglima perang kerajaan majapahit yaitu Empu Nala. Selain itu berkaitan juga dengan sejarah makam Nyai Ageng Dewi Maduretno yang menjadi asal usul dari sumber air kehidupan yang ada di Desa Pocong, Kabupaten BangkalanReferences
Basri, M., Arif, S., Perdana, Y., & Sumargono, S. (2020). Nilai-Nilai Sejarah Berbasis Local Wisdom Situs Batu Berak Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 5(2), 125. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i2.7241
Hartatik, W. dan E. S. (2018). Metode Penelitian Sejarah. In P. Sudarmo (Ed.), Magnum Pustaka Utama (Vol. 1).
Hasan, S. H. (2019). Pendidikan Sejarah Untuk Kehidupan Abad Ke-21. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(2), 61. https://doi.org/10.17509/historia.v2i2.16630
Herlina, N. (2020). Metode sejarah. In Satya Historika (Vol. 110, Issue 9). http://digilib.isi.ac.id/6127/2/Pages from Metode Sejarah Revisi Akhir 2020.pdf
Isnaini, H. (2020). Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Representasi Ideologi Jawa pada Puisi-Puisi Karya Sapardi Djoko Damono. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(1), 24–47. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/9343
Marli, S. (2020). Sejarah dan Pendidikan Sejarah. Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 5.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Parwati, N. P., & Pramartha, I. N. B. (2021). Strategi guru sejarah dalam menghadapi tantangan pendidikan indonesia di era society 5.0. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1), 143–158. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661256
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Setyawan, C. D., Sariyatun, S., & Dyah, C. (2021). Penanaman Nilai-nilai Sejarah Lokal melalui Forum Diskusi Komunitas Sejarah. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 4(2), 80–89.
Sukmana, W. J. (2021). Metode Penelitian Sejarah. Jakarta. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(April), 1–4. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tsaqofah/article/view/3512
Tarigan, M., Audry, F., Tambunan, F. A. S., Pujiati, P., Badariah, N., & Rohani, T. (2023). Sejarah Peradaban Islam dan Metode Kajian Sejarah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1658–1663.