Kolaborasi Musik Rock Kentongan Melalui Kreativitas Generasi Muda Mukela Banyumas

Willona Khairunissa Kenya Damaraji, Arya Qais Nugroho, Jasmine Alifa Humaira, Stevy Tri Saskia Putri, Dama Gandes Hayu Maharani, Gempita Pesta Demokrasi, Niken Paramarti Dasuki

Abstract


Kolaborasi musik tradisional  Kentongan Banyumas dengan musik Rock yang dilakukan oleh Komunitas Mukela Banyumas merupakan inovasi penting untuk melestarikan budaya tradisional di tengah arus globalisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana kolaborasi tersebut dapat menjadi sarana efektif dalam melestarikan budaya tradisional dan memberdayakan generasi muda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan wawancara mendalam dengan anggota Komunitas Mukela, observasi, dan dokumentasi. Kreativitas generasi muda dalam komunitas memainkan peran penting dalam mengggabungkan elemen musik tradisional dan modern, sehingga dapat menghasilkan karya musik yang unik serta dapat menarik minat generasi muda terhadap budaya tradisional. Selain itu, penggunaan teknologi digital untuk publikasi karya musik terbukti efektif dalam memperluas jangkauan audiens dan meningkatkan apresiasi terhadap budaya tradisional. Penelitian ini menegaskan bahwa kolaborasi musik tradisional dan Rock yang dilakukan oleh Komunitas Mukela Banyumas menunjukkan bahwa dengan pendekatan kreatif dan inovatif, musik tradisional dapat terus eksis dan berkembang di era modern.


Keywords


Kentongan; Banyumas; Kolaborasi; Musik; Generasi Muda

Full Text:

PDF

References


Adriansyah I. (2023). Kentongan Banyumas: Alat Musik Tradisional yang Unik dan Bersejarah. Tersedia di: https://radarbanyumas.disway.id/read/82011/ Kentongan-banyumas-alat-musik-tradisional-yang-unik-dan-bersejarah#google_vignette. 12 September 2023.

Amir, F., & Wrahatnala, B. (2023). Inovasi dan Transformasi Musikal dalam Grup Patrol Bhâkch Kêrrêng Rampak Pandhalungan. DESKOVI : Art and Design Journal, 6(1), 15–21.

Christy, A., & Rachman, A. (2023). Form of Bundengan Traditional Music Arrangement by Sanggar Akustika in Wonosobo. Jurnal Seni Musik, 12(1), 1-11.

Fandanu, R., Lestari, W., & Suharto, S. (2021). Diversitas Pendidikan Multidimensional dalam Pertunjukan Kentongan Bambu Laras Banyumas Jawa Tengah. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 4(1), 20–30.

Fitriasari, P. D., Hamsyah, M. I., & Danugroho, A. (2023). Apropriasi Seni Musik Gugah Sahur: Studi Kasus Tongklek Tuban Dan Tong-Tong Madura. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 24(1), 46-57.

Hernandi, M. R. (2022). Aransemen Kontemporer Musik Tradisional Sebagai Inovasi Pemajuan Kebudayaan Dalam Lingkup Hak Kekayaan Intelektual. " Dharmasisya” Jurnal Program Magister Hukum FHUI, 2(2), 19.

Hidayat, A. (2018). Sejarah Dan Perkembangan Musik Rock Di Indonesia Tahun 1970-1990. BIHARI: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH DAN ILMU SEJARAH, 1(1).

Simanjutak. (2019). Kolaborasi Alat Musik Tradisional dan Alat Musik Modern dalam Mengiringi Ibadah Minggu di Huria Kristen Batak Protestan Tanjung Sari Medan. Sciences (JEHSS), 1(3), 169-176.

Nurhasanah, L., Siburian, B. P., & Fitriana, J. A. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Minat Generasi Muda dalam Melestarikan Kesenian Tradisional Indonesia. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31-39.

Prasetyo, K., Syahsibaga, S.,& Raharjo, E. (2018). Kreativitas dan Aransemen Musik pada Grup Kentongan Pudang Satria Di Kabupaten Banyumas. JSM ( Jurnal Seni Musik), 7(1).

Puspitasari, S. (2021). Pentingnya Realisasi Bela Negara Terhadap Generasi Muda Sebagai Bentuk Cinta Tanah Air. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(1), 72-79.

Ramadhan, dkk. (2023). Evolusi Sasando: Perubahan Alat Musik Tradisional Menuju Era Elektrifikasi. ARIMA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(2), 77-84.

Wibowo, H., Luthfi, A., & Mustofa, M. S. (2023). Inovasi Kesenian Rakyat di Era Global. Journal of Indonesian Social Studies Education, 1(1), 1-16.

Wicaksono, W. M., (2023, 25 Februari). Festival Kentongan Kembali Digelar Meriah di Banyumas. Diakses dari https://www.kompas.id/baca/nusantara/2023/02/25/festival- Kentongan-kembali-digelar-meriah-di-banyumas

Yulmaira, A. (2021). Musik Kentongan Laskar Wulung Dalam Kehidupan Masyarakat Perantauan Jawa Di Desa Seminai Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak Provinsi Riau. Other Thesis, Universitas Islam Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v26i1.9689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.