Pengaruh Dukungan Teman Sebaya terhadap Konsep Diri Remaja di Panti Asuhan At-Taqwa Kota Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dukungan teman sebaya berpengaruh terhadap konsep diri remaja panti asuhan At-Taqwa Kota Semarang dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan data purposive sampling. Populasi responden pada penelitian ini adalah seluruh anak didik panti asuhan At-Taqwa Kota Semarang, dengan sampel remaja berusia 10-24 tahun dan jumlah responden sebanyak 36 orang yang merupakan anak didik panti asuhan At-Taqwa Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan teman sebaya berpengaruh terhadap konsep diri remaja panti asuhan At-Taqwa dengan pengaruh sebesar 18,8%. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan teman sebaya, maka akan semakin tinggi pula konsep diri remaja panti asuhan At-Taqwa Kota Semarang dan sebaliknya, semakin rendah dukungan teman sebaya, maka akan semakin rendah pula konsep diri remaja panti asuhan At-Taqwa Kota Semarang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Harefa, P. P. P., & Rozali, Y. A. (2020). Pengaruh dukungan sosial terhadap konsep diri pada remaja korban bullying. JCA of Psychology, 1(01).
Hartati, J., Achadi, W., Syarnubi, S., & Naufa, M. M. (2022). Hubungan Prokrastinasi dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam FITK UIN Raden Patah Palembang. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(4), 608–618.
Hully, M. T. (2021). Perkembanagan Jiwa Beragama Pada Anak, Remaja dan Orang Dewasa. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(1), 11–30.
Jenira, S. (2019). Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Komitmen Menyelesaikan Studi Pada Mahasiswa Semester Akhir. Psikoborneo. Vol, 7(2), 274–283.
Kainama, G. C. (2020). Hubungan Konsep Diri dan Dukungan Sosial terhadap Resiliensi Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Pensiunan Pegawai Negeri Sipil di Kota Ambon. Program Studi Magister Sains Psikologi.
Mardikaningsih, R., & Putra, A. R. (2021). Minat Berwirausaha Mahasiswa Ditinjau dari Konsep Diri. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 173–178.
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., & Lestariningsih, N. D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Insight Mediatama.
Nawa, Y. A. (2015). Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Hubungan Orang Tua Remaja sebagai Prediktor Identitas Diri pada Siswa SMA Negeri I Sabu Barat Kabupaten Sabu Raijua. Magister Sains Psikologi Program Pascasarjana UKSW.
Permadi, W., & Nuqul, F. L. (2022). Pengaruh dukungan teman sebaya dan dukungan guru terhadap konsep diri di MTs Nur Ilahi. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 15(1), 74–91.
PKBI Daerah Istimewa Yogyakarta. (2009). Siapa sich Remaja itu? https://pkbi-diy.info/siapa-sich-remaja-itu%253f/
Pratiwi, I. H., & Laksmiwati, H. (2012). Pengaruh dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental dan dukungan informatif terhadap stres pada remaja di yayasan panti asuhan Putra Harapan Asrori Malang. Surabaya: Jurnal Ilmiah UNESA.
Safitri, M. (2021). Pengaruh masa transisi remaja menuju pendewasaan terhadap kesehatan mental serta bagaimana mengatasinya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(1), 20–24.
Syahraeni, A. (2020). Pembentukan konsep diri remaja. Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan Islam, 7(1).
Yusuf, R. N., Musyadad, V. F., Iskandar, Y. Z., & Widiawati, D. (2021). Implikasi asumsi konsep diri dalam pembelajaran orang dewasa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1144–1151.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v26i2.9517
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
Jurnal Dinamika Sosial Budaya
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang
Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.