Personal Dynamic Capability: Efek Pola Pikir, Tata Kelola Universitas Dan Learning Agility Dalam Konteks Kampus Merdeka (Studi Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Semarang)

Arif Miftanudin, Johanis Souisa, Rudhericus Satrio Tedjo Utomo, Retno Retno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris Pola Pikir, Tata kelola Universitas, Learning Agility terhadap Personal Dynamic Cabability masalah yang dihadapi pada Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah adalah semakin tinggi Personal Dynamic Capability. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di wilaya kopertis VI kususnya di kota semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Di dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Porposive sampling dengan teknik judgement sampling dan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Kemudian data yang diperoleh dianalisa menggunakan SPSS 25 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2). Hasil pengujian ini menunjukkan Pola Pikir (X1), Tata Kelola Universitas (X2), Learning Agility (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Personal Dynamic Capability (Y). Berdasarkan nilai koefisien determinasi 0.988 yang berarti 98.8 % Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah dipengaruhi oleh variabel Pola Pikir, Tata Kelola Universitas, dan Learning Agility. sedangkan sisanya sebesar 1.2 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang diteliti.

Keywords


Pola Pikir, Tata Kelola Universitas, Learning Agility, dan Personal Dynamic Capability.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. H., Wasiuzzaman, S., & Musa, R. (2014). The Effects of University Quality on Emotional Attachment: A Case from a Private Higher Education Institution. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130, 282–292. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.033

Alauddin, M. M., Shahinian, A., Gordon, E. M., & Conti, P. S. (2004). Direct comparison of radiolabeled probes FMAU, FHBG, and FHPG as PET imaging agents for HSV1-tk expression in a human breast cancer model. Molecular Imaging, 3(2), 15353500200403160.

Arifin, S., & Muslim, M. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–11.

Asfiati, A., & Mahdi, N. I. (2020). Merdeka Belajar bagi Anak Kebutuhan Khusus di SLB Kumala Indah Padangsidimpuan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 59. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9620

Bella, M., & Maichal. (2018). Pengaruh Mindset , Kepemimpinan, dan Nilai Keluarga Terhadap Budaya Organisasi Perusahaan Keluarga. DeReMa Jurnal Manajemen, 13(1), 121–138.

Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). Arah Reformasi Tata Kelola Pendidikan Tinggi. NBER Working Papers, 89. Retrieved from http://www.nber.org/papers/w16019

Bouland-van Dam, S. I. M., Oostrom, J. K., & Jansen, P. G. W. (2022). Development and validation of the leadership learning agility scale. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.991299

Burta, F. S. (2018). Analisis Proses Pengembangan Kapabilitas Dinamis Dalam Konteks Aliansi Bisnis: Studi Kasus Xt Square Bumd Kota Yogyakarta, (1), 430–439.

Chairunnisa, C. (2016). Hubungan Tata Kelola Universitas Dan Profesionalitas Dosen, Dengan Mutu Layanan Pendidikan. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(3). https://doi.org/10.30998/FJIK.V2I3.479

Chrisantiana, T. G., & Sembiring, T. (2017). Pengaruh Growth dan Fixed Mindset terhadap Grit pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas “X” Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 133. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.422

De Meuse, K. P. (2017). Learning agility: Its evolution as a psychological construct and its empirical relationship to leader success. Consulting Psychology Journal, 69(4), 267–295. https://doi.org/10.1037/cpb0000100

Denning, S. (2019). Lessons learned from mapping successful and unsuccessful agile transformation journeys. Strategy and Leadership, 47(4), 3–11. https://doi.org/10.1108/SL-04-2019-0052

Eko, R. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. Research Gate, April(January), 1–16.

Elihami, E. (2019). Implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan higher of think mahasiswa berbasis kampus merdeka. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 1(1), 79–86.

Fadil, M. (2020). Analisis Merdeka Belajar Ala Ketamansiswaan (Ninteni, Nirokke, Nambahi) pada Proses Belajar dan Mengajar Bahasa Inggris (K13) di Kelas XI MAN 1 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 216–226.

Fitria, R., & A, R. (2021). Analisis Kemampuan Thinking Ahead dalam Penyusunan Road Map Reformasi Birokrasi Pemerintah Daerah (Studi Kasus di Pemerintah Kabupaten Malang). Jiap, 7(2), 238–248.

Fuadi, T. M., & Irdalisa, I. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Application in Education Faculty. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2747–2756. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1125

Graham, S., & Craig B. Fryhl. (2011). Peran Kelincahan Belajar dalam Kinerja di Tempat Kerja dan Peningkatan Karir.

Knight, M. (2017). Faktor X Organisasi:

Kristinawati, D., & Hidajat Tjakraatmadja, J. (2017). Studi Konseptual Eksploratif Mengenai Hubungan Kapabilitas Dinamis Dengan Kinerja Perusahaan. Jurnal Manajemen Indonesia, 17(1), 1. https://doi.org/10.25124/jmi.v17i1.858

Kristinawati, D., & Tjakraatmadja, J. H. (2018). Bagaimana Kapabilitas Dinamis Dan Manajemen Pengetahuan Berpengaruh Kepada Kinerja Perusahaan? : Sebuah Bangunan Model Konseptual. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, (2017), 99. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2018.v12.i02.p02

Larasati, R., Asnawi, M., & Hafizrianda, Y. (2018). Analisis Penerapan Good University Governance Pada Perguruan Tinggi Di Kota Jayapura. Journal of Applied Managerial Accounting, 2(2), 304–323. https://doi.org/10.30871/jama.v2i2.951

Lussiana, L., Mildawati, T., & Fidiana, F. (2019). Dekonstruksi Konsep Good University Governance Dalam Pelaksanaan Anggaran Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Wahana: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 22(2), 85–98. https://doi.org/10.35591/wahana.v22i2.181

Meitasari, R. C., & Audrey, A. H. (2023). Kecerdasan Buatan di Era Big Data dan Audit Digital, 2(2).

Muktiyanto, A. (2016). Good University Governance Dan Kinerja Perguruan Tinggi. Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan Dan Praktek Baik, 45–66. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/7059/1/UTFEKON2016-03.pdf

Nugraha, I. (2018). Analisis Sensing Kapabilitas Dinamis Dalam Konteks Restrukturisasi Perusahaan Studi Kasus Pt . Bank Tabungan Negara Persero Tbk . Diajukan Oleh : Indra Nugraha Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Februari 2018.

Permana, Z., & Fatwa, A. (2023). Trengginas: Sebuah Konsep Psikologi. Psycho Idea, 21(2), 119–132.

Prasetyo, D., & Asbari, M. (2023). Fixed mindset versus growth mindset: Model pengembangan sumber daya manusia. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(01), 215–221.

Priatmoko, S., & Dzakiyyah, N. I. (2020). Relevansi Kampus Merdeka Terhadap Kompetensi Guru Era 4.0 Dalam Perspektif Experiential Learning Theory. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1. https://doi.org/10.30736/atl.v4i1.120

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Saputra, N., & Nugroho, R. (2021). Good Governance Pada Pelayanan Publik: Sebuah Usulan Model Pengembangan Berbasis Perilaku. Jurnal MSDA (Manajemen Sumber Daya Aparatur), 9(1), 11–26. https://doi.org/10.33701/jmsda.v9i1.1559

Selvia Wardhani, N., Sulastiana, M., & Ashriyana, R. (2022). Adaptasi Alat Ukur Learning Agility pada Karyawan untuk Meningkatkan Organizational Agility: Versi Bahasa Indonesia. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 27(2), 243–264. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol27.iss2.art4

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Siti Maimunah, N. I. M. 12690031. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Pada Bab Suhu Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Kognitif Siswa Ma Al-Ma?Had an-Nur Kelas X Bantul, 289. Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24306/

Situmorang, J. R. (2018). Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Kapabilitas Dinamik. Jurnal Administrasi Bisnis, 14(1), 20–27. Retrieved from https://journal.unpar.ac.id/index.php/JurnalAdministrasiBisnis/article/view/3846

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 78–93. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18379

Susilo Setyo Utomo. (2019). Guru di Era Revolusi Indrusti 4.0. Seminar Nasional IKA UNY Dalam Rangka Dies Natalis UNY Ke 55, (1), 1–13.

Suyono. (2018). Dynamic Capability Sebagai Strategi Menuju World Class University. Seminar Dan Call for Paper Sustainable Competitive Advantage (SCA) 8, (September), 1–13.

Syauqoti, R., & Ghozali, M. (2018). Analisis Sistem Lembaga Keuangan Syariah Dan Lembaga Keuangan Konvensional. Iqtishoduna, 15–30. https://doi.org/10.18860/iq.v0i0.4820

Yadav, N., & Dixit, S. (2017). A Conceptual Model of Learning Agility and Authentic Leadership Development: Moderating Effects of Learning Goal Orientation and Organizational Culture. Journal of Human Values, 23(1), 40–51. https://doi.org/10.1177/0971685816673487

Yunita, M. M., & Seanto, S. (2022). Hubungan Psychological Safety Dengan Learning Agility Pada Remaja Dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi. Jurnal Psikologi TALENTA, 7(2), 13. https://doi.org/10.26858/talenta.v7i2.31192




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i2.9030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.