Personal Dynamic Capability: Efek Pola Pikir, Tata Kelola Universitas Dan Learning Agility Dalam Konteks Kampus Merdeka (Studi Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Semarang)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. H., Wasiuzzaman, S., & Musa, R. (2014). The Effects of University Quality on Emotional Attachment: A Case from a Private Higher Education Institution. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130, 282–292. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.033
Alauddin, M. M., Shahinian, A., Gordon, E. M., & Conti, P. S. (2004). Direct comparison of radiolabeled probes FMAU, FHBG, and FHPG as PET imaging agents for HSV1-tk expression in a human breast cancer model. Molecular Imaging, 3(2), 15353500200403160.
Arifin, S., & Muslim, M. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–11.
Asfiati, A., & Mahdi, N. I. (2020). Merdeka Belajar bagi Anak Kebutuhan Khusus di SLB Kumala Indah Padangsidimpuan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 59. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9620
Bella, M., & Maichal. (2018). Pengaruh Mindset , Kepemimpinan, dan Nilai Keluarga Terhadap Budaya Organisasi Perusahaan Keluarga. DeReMa Jurnal Manajemen, 13(1), 121–138.
Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). Arah Reformasi Tata Kelola Pendidikan Tinggi. NBER Working Papers, 89. Retrieved from http://www.nber.org/papers/w16019
Bouland-van Dam, S. I. M., Oostrom, J. K., & Jansen, P. G. W. (2022). Development and validation of the leadership learning agility scale. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.991299
Burta, F. S. (2018). Analisis Proses Pengembangan Kapabilitas Dinamis Dalam Konteks Aliansi Bisnis: Studi Kasus Xt Square Bumd Kota Yogyakarta, (1), 430–439.
Chairunnisa, C. (2016). Hubungan Tata Kelola Universitas Dan Profesionalitas Dosen, Dengan Mutu Layanan Pendidikan. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(3). https://doi.org/10.30998/FJIK.V2I3.479
Chrisantiana, T. G., & Sembiring, T. (2017). Pengaruh Growth dan Fixed Mindset terhadap Grit pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas “X” Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 133. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.422
De Meuse, K. P. (2017). Learning agility: Its evolution as a psychological construct and its empirical relationship to leader success. Consulting Psychology Journal, 69(4), 267–295. https://doi.org/10.1037/cpb0000100
Denning, S. (2019). Lessons learned from mapping successful and unsuccessful agile transformation journeys. Strategy and Leadership, 47(4), 3–11. https://doi.org/10.1108/SL-04-2019-0052
Eko, R. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. Research Gate, April(January), 1–16.
Elihami, E. (2019). Implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan higher of think mahasiswa berbasis kampus merdeka. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 1(1), 79–86.
Fadil, M. (2020). Analisis Merdeka Belajar Ala Ketamansiswaan (Ninteni, Nirokke, Nambahi) pada Proses Belajar dan Mengajar Bahasa Inggris (K13) di Kelas XI MAN 1 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 216–226.
Fitria, R., & A, R. (2021). Analisis Kemampuan Thinking Ahead dalam Penyusunan Road Map Reformasi Birokrasi Pemerintah Daerah (Studi Kasus di Pemerintah Kabupaten Malang). Jiap, 7(2), 238–248.
Fuadi, T. M., & Irdalisa, I. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Application in Education Faculty. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2747–2756. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1125
Graham, S., & Craig B. Fryhl. (2011). Peran Kelincahan Belajar dalam Kinerja di Tempat Kerja dan Peningkatan Karir.
Knight, M. (2017). Faktor X Organisasi:
Kristinawati, D., & Hidajat Tjakraatmadja, J. (2017). Studi Konseptual Eksploratif Mengenai Hubungan Kapabilitas Dinamis Dengan Kinerja Perusahaan. Jurnal Manajemen Indonesia, 17(1), 1. https://doi.org/10.25124/jmi.v17i1.858
Kristinawati, D., & Tjakraatmadja, J. H. (2018). Bagaimana Kapabilitas Dinamis Dan Manajemen Pengetahuan Berpengaruh Kepada Kinerja Perusahaan? : Sebuah Bangunan Model Konseptual. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, (2017), 99. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2018.v12.i02.p02
Larasati, R., Asnawi, M., & Hafizrianda, Y. (2018). Analisis Penerapan Good University Governance Pada Perguruan Tinggi Di Kota Jayapura. Journal of Applied Managerial Accounting, 2(2), 304–323. https://doi.org/10.30871/jama.v2i2.951
Lussiana, L., Mildawati, T., & Fidiana, F. (2019). Dekonstruksi Konsep Good University Governance Dalam Pelaksanaan Anggaran Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Wahana: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 22(2), 85–98. https://doi.org/10.35591/wahana.v22i2.181
Meitasari, R. C., & Audrey, A. H. (2023). Kecerdasan Buatan di Era Big Data dan Audit Digital, 2(2).
Muktiyanto, A. (2016). Good University Governance Dan Kinerja Perguruan Tinggi. Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan Dan Praktek Baik, 45–66. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/7059/1/UTFEKON2016-03.pdf
Nugraha, I. (2018). Analisis Sensing Kapabilitas Dinamis Dalam Konteks Restrukturisasi Perusahaan Studi Kasus Pt . Bank Tabungan Negara Persero Tbk . Diajukan Oleh : Indra Nugraha Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Februari 2018.
Permana, Z., & Fatwa, A. (2023). Trengginas: Sebuah Konsep Psikologi. Psycho Idea, 21(2), 119–132.
Prasetyo, D., & Asbari, M. (2023). Fixed mindset versus growth mindset: Model pengembangan sumber daya manusia. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(01), 215–221.
Priatmoko, S., & Dzakiyyah, N. I. (2020). Relevansi Kampus Merdeka Terhadap Kompetensi Guru Era 4.0 Dalam Perspektif Experiential Learning Theory. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1. https://doi.org/10.30736/atl.v4i1.120
Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Saputra, N., & Nugroho, R. (2021). Good Governance Pada Pelayanan Publik: Sebuah Usulan Model Pengembangan Berbasis Perilaku. Jurnal MSDA (Manajemen Sumber Daya Aparatur), 9(1), 11–26. https://doi.org/10.33701/jmsda.v9i1.1559
Selvia Wardhani, N., Sulastiana, M., & Ashriyana, R. (2022). Adaptasi Alat Ukur Learning Agility pada Karyawan untuk Meningkatkan Organizational Agility: Versi Bahasa Indonesia. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 27(2), 243–264. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol27.iss2.art4
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13
Siti Maimunah, N. I. M. 12690031. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Pada Bab Suhu Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Kognitif Siswa Ma Al-Ma?Had an-Nur Kelas X Bantul, 289. Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24306/
Situmorang, J. R. (2018). Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Kapabilitas Dinamik. Jurnal Administrasi Bisnis, 14(1), 20–27. Retrieved from https://journal.unpar.ac.id/index.php/JurnalAdministrasiBisnis/article/view/3846
Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 78–93. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18379
Susilo Setyo Utomo. (2019). Guru di Era Revolusi Indrusti 4.0. Seminar Nasional IKA UNY Dalam Rangka Dies Natalis UNY Ke 55, (1), 1–13.
Suyono. (2018). Dynamic Capability Sebagai Strategi Menuju World Class University. Seminar Dan Call for Paper Sustainable Competitive Advantage (SCA) 8, (September), 1–13.
Syauqoti, R., & Ghozali, M. (2018). Analisis Sistem Lembaga Keuangan Syariah Dan Lembaga Keuangan Konvensional. Iqtishoduna, 15–30. https://doi.org/10.18860/iq.v0i0.4820
Yadav, N., & Dixit, S. (2017). A Conceptual Model of Learning Agility and Authentic Leadership Development: Moderating Effects of Learning Goal Orientation and Organizational Culture. Journal of Human Values, 23(1), 40–51. https://doi.org/10.1177/0971685816673487
Yunita, M. M., & Seanto, S. (2022). Hubungan Psychological Safety Dengan Learning Agility Pada Remaja Dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi. Jurnal Psikologi TALENTA, 7(2), 13. https://doi.org/10.26858/talenta.v7i2.31192
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i2.9030
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
Jurnal Dinamika Sosial Budaya
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang
Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.