E-Commerce Memicu Maraknya Perilaku Konsumtif Di Kalangan Mahasiswa Universitas Mataram

Nuril Hafiza, Siti Nur Arifia Shoffah, Nur saptini

Abstract


Kehadiran e-commerce memicu maraknya perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa dan generasi muda lainnya, terutama pada produk fashion dan kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keberadaan e-commerce memicu maraknya perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa Universitas Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 dari berbagai fakultas di Universitas Mataram. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan yang dikembangkan oleh Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan e-commerce memicu perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Mataram Terlihat dari frekuensi belanja yang tidak proporsional, dengan rata-rata 2-7 kali dalam sebulan, dengan biaya belanja mencapai lebih dari Rp. 100.000. Hal ini dipicu oleh adanya diskon produk, diskon tanggal kembar hingga promo ongkos kirim dari platform e-commerce, sehingga mahasiswa menjadi lebih impulsif dalam membeli barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.


Keywords


E-commerce; Perilaku Konsumtif; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Abdillah, S., & Melindah, D. (2022). Perspektif Hukum Ekonomi Syariah dalam Jual Beli dengan Metode Cash On Delivery (CO) di E-Commerce Shopee. Jurnal Hukum Ekonomi Syarah, 1(1), 1–10.

Afifah, W. (2021). Perilaku Konsumsi Masyarakat Pedesaan Akibat Keberadaan Tempat Perbelanjaan Modern Ditinjau Dari Sosiologi Ekonomi Islam. [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri.

Afrianto, A. P., & Irwansyah, I. (2021). Eksplorasi Kondisi Masyarakat dalam Memilih Belanja Online Melalui Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. . Jurnal Teknologi Dan Informasi Bisnis, 3(1), 10–29.

Amalia, R. J. (2022). Analisis Perilaku Konsumtif dan Daya Beli Konsumen Terhadap Belanja Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam - JIEBI, 4(1), 1–16.

Andika, M., Masithoh, S., Kholiq, Y. N., Nisa, D. A., & Rohmah, N. (2021). Efektivitas Marketplace Shopee sebagai Marketplace Belanja Online yang Paling Disukai Mahasiswa. Journal of Education and Technology. Journal of Education and Technology, 1(1), 24–29.

Ardiva, E., Hudaya, S., Maharani, F. D., & Rozak, R. W. A. (2023). Self Control Dari Dampak Impulsive Buying Dalam E-Commerce Di Kalangan Masyarakat. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 269–278.

Aripin, Z. (2021). E-Business Strategi, Model, dan Penerapannya. CV Budi Utama.

Azizah, M., & Aswad, M. (2022). Pengaruh Belanja Online pada E-Commerce Shoppe Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Millenial di Blitar. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(4), 429–438.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). Statistik E-Commerce 2022/2023. https://www.bps.go.id/publication/2023/09/18/f3b02f2b6706e104ea9d5b74/statistikecommerce-2022-2023.html. 15 Desember 2023

Budianto, A. E. (2020). Analisis Bisnis E-Commerce. Media Nusa Creative.

Chriastono, A. B., & Takayeitou, T. J. A. (2022). Analisis Perilaku Belanja Mahasiswa STIE Unisadhaguna Angkatan 2018 Dalam Menggunakan E-Commerce. Journal of Economics and Business UBS, 11(2), 110–118.

Databoks. (2020). Tren pengguna E-Commerce Terus Tumbuh. Tren Pengguna E-Commerce Terus Tumbuh (katadata.co.id). 9 februari 2023

Databoks. (2021). 10 Negara dengan Persentase Penggunaan E-Commerce Tertinggi di Dunia.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia. 9 februari 2023

Databoks. (2022). 8 Produk Paling Diminati Konsumen Saat Belanja Online. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/28/8-produk-yang-paling-diminati-konsumen-saat-belanja-online-apa-saja. 9 Februari 2023

Databoks. (2023). E-Wallet, Metode Pembayaran Digital yang Paling Banyak Digunakan Warga RI saat Belanja Online. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/20/e-wallet-metode-pembayaran-digital-yang-paling-banyak-digunakan-warga-ri-saat-belanja-online. 9 Februari 2023

Evelina, L. W., & Pebrianti, D. E. (2021). Perilaku Konsumtif Bandwagon Effect Followers Instagram Shopee pada Event Flash Sale. Jurnal Ikatan Sarjana Komunikasi, 4(2), 99–110.

Faristiana, A. R. (2022). Perilaku Konsumtif Belanja Online Mahasiswa di Masa Pandemi. Proceeding of The 2ndConference on Strengthening Islamic Studies in the Digital Era, 519–531.

Farunik, C. G., & Ginny, P. L. (2023). Tantangan dan Peluang Bisnis dalam Beradaptasi dengan Pasar Generasi Z. Prosiding Ekonomi dan Bisnis. Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 1–10.

Gunawan, A., Fradya, W., & Fauziah, F. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 23(2), 1–18.

Hanifah, N., & Rahadi, D. R. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Memutuskan Pembelian Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(2), 112–122.

Hendriyati, P., & Yusta, A. (2021). Implementasi Aplikasi E-Commerce Berbasis WEB. Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen, 9(1), 40–48.

Kemenkeu.go.id. Memanfaatkan E-Commerce dengan Benar. 2022. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15814/Memanfaatkan-E-Commerce-Dengan-Benar.html

Imansari, N. I. (2020). Praktikum Mengenai Kebutuhan Atau Utilitas DalamKehidupan Sehari-hari. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2), 85–93.

Insana, D. R. M., & Johan, R. S. (2020). Analisis Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. . Journal of Applied Business and Economics (JABE), 17(2), 209–224.

Lestari, D. (2021). Pengaruh E-Commerce dan Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Magetan Pengguna Aplikasi Online Shop [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Lestari, S. A. C., Izzah, A. N., & Agustin, N. P. (2023). Online Shopping Habit Sebagai Budaya Masyarakat Modern (Studi Kasus Masyarakat Era Digital). Jurnal Sosial Humaniora Sigli (JSH), 6(1), 129–138.

Maulana, I. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Rasionalitas Terhadap Pembelian Impulsif Melalui Kontrol Diri Mahasiswa (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi [Skripsi]. Universitas Siliwangi.

Muazam, A. R. (2020). Transaksi e-commerce didominasi Generasi Z dan milenial. https://www.alinea.id/gaya-hidup/transaksi-e-commerce-didominasi-generasi-z-dan-milenial-b1ZRL9woj. 15 desember 2023

Mujahidah, A. N. (2020). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Penanganannya (Studi Kasus Pada Satu Peserta Didik Di Smk Negeri 8 Makassar) [Skripsi]. Universitas Negeri Makassar.

Nasywa, Z. S. (23 C.E.). Pengaruh Hedonisme Terhadap Mahasiswa Kurang Mampu Dalam Filsafat Sosial: Perspektif dan Implikasi Sosial. Jurnal Mahasisa Antropologi, 2(1), 24–35.

Nurahma, G. A., & Hendriani, W. (2021). Tinjauan Sistematis Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal MEDIAPSI, 7(2), 119–129.

Populix. (2020). Tren belanja online masyarakat indonesia. https://info.populix.co/articles/tren-belanja-online-masyarakat-indonesia/. 15 Desember 2023

Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli Online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid-19. . Jurnal Ecopreneur: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 21–34.

Puspitasari, S. D., & Indrarini, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumsi Islam Masyarakat Surabaya Pada Masa Pandemi 5 Covid-19. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam. , 4(2), 64–74.

Rokfa, A. A., Tanda, A. R. P., Anugraheni, A. D., & Kristanti, W. A. (2021). Penyelesaian Sengketa Sistem Pembayaran Cash On Delivery Pada Media E-Commerce. . Jurnal Bina Mulia Hukum, 6(2), 161–173.

Ruslang, Kara, M., & Wahab, A. (2020). Etika Bisnis E-Commerce Berdasarkan Maqashid Syariah Dalam Mewujudkan Keberlangsungan Bisnis. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 665–674.

Septiansari, D., & Handayani, T. (2021). Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Dan Manajemn Teknologi, 5(1), 53–65.

Siregar, R. M., Susanti, N., & Aslami, , N. (2023). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Berbelanja di E-Commerce Shopee pada Masa Pandemi Dalam Perspektif Gender: Studi Kasus Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Uinsu. . Jurnal As-Syirkah:Islamic Economics & Financial , 2(1), 115–128.

Syahputri, A. D., Harahap, I., & Harahap, M. I. (2023). Analisa Pola perilaku Konsumsi Generasi Milenial Terhadap Produk Fashion Perspektif Monzer Khaf (Studi Kasus Mahasiswi Se-Kota Medan). . SYARIKAT: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(2), 258–270.

Utari, P., Fitri, A., Setyanto, E., & Henny, C. (2020). Belanja Online Mahasiswa Di Era Pandemi Covid-19:Modifikasi Perilaku Konsumen. Jurnal Islamic Communication , 5(2), 143–154.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v26i1.8939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.