Pengaruh Internet Dalam Perkembangan Pekerja Seks Komersial PSK Studi Kasus Pada Masyarakat Ngawi

Lukman Nugraha Pratama

Abstract


Pekerja seks komersial (PSK) telah menjadi masalah sosial yang meresahkan sejak bertahun-tahun. Dampaknya terasa dalam penurunan nilai-nilai moral dan agama, menciptakan ketegangan sosial, dan meningkatkan risiko penularan penyakit. Penyebab utama prostitusi adalah ketimpangan ekonomi, mendorong individu dengan ekonomi rendah untuk mencari cara memenuhi kebutuhan primer mereka. Pandemi COVID-19 dan konflik Rusia-Ukraina juga mempengaruhi perekonomian Indonesia, memicu terputusnya hubungan kerja (PHK), inflasi dan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di era Revolusi 4.0 internet memberikan dampak negatif seperti melenturkan budaya, mengganggu kesehatan mental dan menciptakan jurang sosial yang dalam. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan teknik observasi partisipatif serta wawancara tidak terstruktur untuk mengumpulkan data di Kabupaten Ngawi. Teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow digunakan sebagai kerangka teori untuk memahami motivasi individu dalam situasi sulit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa internet melemahkan masalah prostitusi dengan memicu pencitraan sosial dan memperluas prostitusi bisnis melalui inovasi digital, seperti video call seks (VCS). Situasi ini menciptakan lingkungan yang tidak stabil dan meningkatkan risiko sosial di Kabupaten Ngawi, memperparah masalah kemiskinan dan isolasi sosial

Keywords


Behavioral Transformation; ,Hierarki Kebutuhan Maslow; Internet; Kesenjangan sosial; Pekerja Seks Komersial,

Full Text:

PDF

References


Andriani, Nadia Dwi. 2019. “Implementasi Algoritma FP-Growth Dalam Market Basket Analisis Untuk Menganalisis Pola Belanja Konsumen Pada Data Transaksi Penjualan.” Skripsi: Universitas Muhammadiyah Semarang.

Hanna, Rema. 2022. “Ekonomi Covid-19 Dan Perang Ukraina.” Kompas 1. Retrieved October 4, 2023 (https://www.kompas.id/baca/opini/2022/07/03/ekonomi-covid19-dan-perang-ukraina).

Mcleod, Soul. 2023. “Maslow’s Hierarchy Of Needs.” Simply Psychology. Retrieved October 5, 2023 (https://www.simplypsycolology.org/maslow.html).

Pahleviannur, Muhammad Rizal, Anita De Grave, Dani Nur Saputra, Dedi Mardianto, NS Debby Sinthania, Hafrida Lis, Vidriana Oktoviana Bano, Susanto Eko Edy, Mahardhani Ardhana Januar, Amruddin, Alam Mochamad Doddy Syahirul, Lisya Mutia, and Ahyar Dasep Bayu. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Sukoharjo: Paradina Pustaka.

Rahardjo, Mudjia. 2017. Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya. Pasca Sarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rusdiyanti, Putri Rina. 2018. “Hubungan Sosial Pekerja Seks Komersial Dan Masyarakat Setempat (Studi Kasus Di Sekitar Radio Republik Indonesia Surakarta Jawa Tengah).” Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sari, Ella, and Rina Dwiarti. 2018. “Pendekatan Hierarki Abraham Maslow Pada Prestasi Kerja Karyawan PT. Madubaru (PG. Madukismo) Yogyakarta.” JPSB: Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis 6(1):58–77. doi: 10.26486/jpsb.v6i1:Februari.421.

Tim Dosen Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ. 2022. Manusia Digital Dalam Perspektif Psikologi. Banyumas: PT. Pena Persada Kerta Utama.

Tim Penulis BPS Ngawi. 2021. “Profil Kemiskinan Kabupaten Ngawi.” Badan Pusat Statistik Kabupaten Ngawi, February 15, 1–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i4.8016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.