Hubungan Antara Minat Belajar Dan Dukungan Sosial Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Melalui Konsep Diri Sebagai Mediator.

Dynna Arienta Octavia, Rini Sugiarti

Abstract


Pendidikan adalah media yang dapat digunakan untuk menumbuhkan potensi pada diri manusia. Mahasiswa sebagai subjek yang sangat erat dengan pendidikan berada pada fase usia remaja yang dalam masa perkembanganya akan terbentuk sebuah konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat fungsi konsep diri sebagai mediator dalam melihat hubungan antara minat belajar dan dukungan sosial terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelian ini menggunakan sampel subjek mahasiswa yang sedang mengambil Tugas akhir pada program studi teknik informatika Universitas Semarang, sebanyak 173 mahasiswwa dan dengan menggunakan teknik sampling slavin, selain itu penelitian ini menggunakan 4 variabel yaitu minat belajar, dukungan sosial, prestasi belajar, dan konsep diri sebagai mediator antar variabel. Sedangkan aspek yang digunakan adalah 10 aspek dengan 96 indikator. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Hasil pengujian Inderect effect menunjukan bahwa minbel memiliki nilai P Value 0.332 > 0.05, yang berarti tidak ada efek mediasi, sedangkan pada duksos P value memiliki nilai 0.291 > 0.05 yang berarti tidak memiliki efek mediasi, sehingga konsepdiri tidak dapat memediasi pengaruh dukungan sosial ke prestasi belajar. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan dukungan sosial memiliki hubungan yang signifikan terhadap konsep diri.

Keywords


Minat Belajar, Dukungan Sosial, Prestasi Belajar, Konsep Diri

Full Text:

PDF

References


V. R. Putri, “Memaksimalkan kompetensi guru melalui fitur kelas maya dalam pembelajaran bahasa arab sebagai inovasi pembelajaran jaman now,” Proceeding IAIN Batusangkar, vol. 3, no. 1, pp. 323–332, 2019.

A. Setia Lengkana, N. Siti Nuraeni Sofa, U. Kampus Sumedang, and S. Sebelas April Sumedang, “Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan,” Jurnal Olahraga, vol. 3, no. 1, pp. 1–12, Apr. 2017, doi: 10.37742/JO.V3I1.67.

N. Alamsyah, “Pengaruh Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN 102 Jakarta,” 2016.

A. Marisyah, F. Firman, and R. Rusdinal, “Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 3, no. 3, pp. 1514–1519, 2019.

S. Dardjowidjojo, Pedoman Pendidikan Tinggi. Gramedia Widiasarana Indonesia, 1991.

M. Ayun Sirosa, A. Hariyadi, P. Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial, and P. Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial, “Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Pondok Pesantren Al Husna Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII C di MTs. Islamiyah Malo Tahun Ajaran 2019/2020,” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, vol. 7, no. 1, pp. 29–36, Jan. 2021, doi: 10.37905/AKSARA.7.1.29-36.2021.

R. E. Slavin, “Educational psychology: Theory and practice,” 2012.

Yurni, “Hubungan Antara Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa FKIP Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNBARI,” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, vol. 13, no. 4, 2013, Accessed: Jul. 16, 2023. [Online]. Available: http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/317

S. Suryabrata, “Psikologi pendidikan suatu pendekatan baru,” Bandung. PT. Remaja Rosdakarya, pp. 66–71, 2006.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara, 1988.

S. Patty et al., “Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya, Kontrol Diri, Dan Jenis Kelamin Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Sma Kristen Ypkpm Ambon,” Psikodimensia, vol. 15, no. 2, pp. 204–235, 2016.

W. Hapnita, R. Abdullah, Y. Gusmareta, and F. Rizal, “FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG DOMINAN MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 1 PADANG TAHUN 2016/2017,” CIVED, vol. 5, no. 1, Mar. 2018, doi: 10.24036/CIVED.V5I1.9941.

T. Nabillah and A. P. Abadi, “FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA,” Prosiding Sesiomadika, vol. 2, no. 1c, p. 659, 2020, Accessed: Jul. 16, 2023. [Online]. Available: https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685

A. Thahir, “Psikologi perkembangan.” www. aura-publishing. com, 2018.

S. P. Astuti, “Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika,” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, vol. 5, no. 1, pp. 68–75, Aug. 2015, doi: 10.30998/FORMATIF.V5I1.167.

S. U. S. Supardi, L. Leonard, H. Suhendri, and R. Rismurdiyati, “Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika,” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, vol. 2, no. 1, Aug. 2015, doi: 10.30998/FORMATIF.V2I1.86.

K. Woro and P. Nanik, “Hubungan dukungan sosial dan kepercayaan diri dengan prestasi bahasa inggris siswa kelas viii smp negeri 6 boyolali,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.

A. Rio, A. Saputra, and S. Hariyadi, “Pengaruh Konsep Diri dan Reward Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan,” vol. 7, no. 3, pp. 1046–1053, 2021, doi: 10.31949/educatio.v7i3.1337.

I. Mahmudi, M. Z. Athoillah, E. B. Wicaksono, and A. R. Kusuma, “Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom,” Jurnal Multidisiplin Madani, vol. 2, no. 9, pp. 3507–3514, 2022.

M. N. Purwanto, “Psikologi pendidikan,” 2021.

E. P. Sarafino and T. W. Smith, Health psychology: Biopsychosocial interactions. John Wiley & Sons, 2014.

S. Eva Yunika, M. Yuli, and S. Gita, “Hubungan Dukungan Sosial (Keluarga) Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Batam,” Zona Keperawatan, vol. 8, no. 3, pp. 98–108, 2018, [Online]. Available: http://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/zkep

H. R. Setiawan and W. Masitah, “Pengaruh Konsep Diri, Minat dan Inteligensi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak,” Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, vol. 9, no. 2, pp. 20–34, Dec. 2017, doi: 10.30596/INTIQAD.V9I2.1380.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara, 1988.

L. S. Rohmah, S. Suryanto, and A. Matulessy, “Correlation between Self Concepts and Peer Social Support with Academic Procrastination,” Psikologia : Jurnal Psikologi, vol. 4, no. 2, pp. 33–43, May 2019, doi: 10.21070/psikologia.v4i2.699.

A. Syahraeni, “Pembentukan konsep diri remaja,” Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan dan Penyuluhan Islam, vol. 7, no. 1, 2020.

N. Dini Siti, S. Sri Murni, and D. Fitri, “Pengaruh Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Di SMK Analis Kesehatan Tunas Medika Jakarta,” EduBiologia: Biological Science and Education Journal, vol. 1, no. 1, pp. 62–67, Jan. 2021, doi: 10.30998/EDUBIOLOGIA.V1I1.8103.

Z. Aryanti, “Peranan konsep diri terhadap motivasi berprestasi pada siswa RSBI dan siswa reguler,” Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2012.

A. Lestari, C. Anwar, H. Firdos Santosa, and R. Sudiana, “PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA (STUDI KORELASI SISWA SMA SE-KOTA SERANG),” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), vol. 4, no. 3, pp. 497–506, May 2021, doi: 10.22460/JPMI.V4I3.P.

R. K. E. Ananta, Djalali, and M. Farid, “Minat Wirausaha, Konsep Diri dan Kreativitas,” Jurnal Psikologi Tabularasa, vol. 9, no. 1, pp. 48–57, 2014, doi: 10.26905/JPT.V9I1.232.

D. N. Syah, A. Amin, and O. P. U. Gumay, “Hubungan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA terpadu,” Spej (science and physic education journal), vol. 2, no. 2, pp. 66–71, 2019.

D. N. Aristya and A. Rahayu, “Hubungan Dukungan Sosial Dan Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Remaja Kelas X SMA Angkasa I Jakarta,” Ikraith-Humaniora, vol. 2, no. 2, pp. 75–81, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.7721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.