Perubahan Sosial Budaya Dalam Modernisasi Dan Teknologi Dipandang Dari Proses Belajar

Miftakhul Rizqi

Abstract


Perkembangan modernisasi dan teknologi telah merevolusi proses belajar. Tujuan dari kajian ini adalah mendeskripsikan perubahan sosial budaya yang ada di lembaga pendidikan serta bagaimana proses pembelajaran dan penerapan literasi digital. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan kajian literatur. Hasil menunjukkan bahwa ada perubahan sosial budaya dalam lembaga pendidikan ditengah modernisasi teknologi. Perkembangan teknologi mempengaruhi metode pembelajaran di suatu lembaga pendidikan. Teknologi juga mengubah bagaimana seorang pengajar dan peserta didik mencari sumber belajar. Teknologi juga menciptakan proses pembelajaran jarak jauh bisa dilakukan dengan penggunaan platform daring. Dampak teknologi dan modernisasi telah mengubah cara siswa berinteraksi dan berkomunikasi di lingkungan sekolah. Lembaga pendidikan juga berusaha menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan masyarakat modern. Dari proses pembelajaran berbasis literasi digital juga berdampak ketika teknologi informasi internet, pengetahuan global menjadi lebih mudah diakses melui dimensi nasional dan internasional. Peran media sosial dan platform digital dalam proses pembelajaran memengaruhi cara orang menciptakan dan mempertahankan identitas digitalnya. 

Keywords


Sosial Budaya; Proses Belajar; Teknologi

Full Text:

PDF

References


D. A. Djoh, “DAMPAK MODERNISASI TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT TANI DI DESA KAMBATA TANA KABUPATEN SUMBA TIMUR,” J. Ekon. Pertan. dan Agribisnis, vol. 2, no. 4, pp. 332–339, 2018.

M. Resnick, Rethinking learning in the digital age. 2002.

R. S. Sasmita, “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar,” J. Pendidik. dan KONSELING, vol. 2, no. 1, pp. 99–103, 2020.

D. Rahman, “Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar dan Informasi,” Maktab. J. Perpust. dan Inf., vol. 1, no. 1, pp. 9–14, 2021.

R. Fauzi, “Perubahan Budaya Komunikasi pada Pengguna Whatsapp di Era Media Baru,” J. Ilmu Komun. Efek, vol. 1, no. 1, 2017.

S. Darlan, “Analisis Dampak Penggunaan Internet terhadap Budaya dan Tradisi Bagi Remaja Desa Anjir Serapat,” Anterior J., vol. 19, no. 2, pp. 42–49, 2020.

M. M. E. I. Bali and H. B. Hajriyah, “Modernisasi Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0,” MOMENTUM J. Sos. dan Keagamaan, vol. 9, no. 1, pp. 42–62, 2020.

E. F. Rusydiyah, TEKNOLOGI PEMBELAJARAN: Implementasi Pembelajaran Era 4.0. UIN Sunan Ample Press, 2019.

M. R. Maulani, Supriady, and N. Riza, “IMPLEMENTASI E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEHINGGA LEBIH INTERAKTIF DAN MENYENANGKAN,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 7, no. 1, pp. 27–35, 2020.

M. Harjianto, “Pengembangan Bahan Ajar untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajar Sekolah Dasar,” Didaktika, vol. 2, no. 1, pp. 216–226, 2006.

Dimyati and Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

A. Purwanto et al., “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar,” EduPsyCouns J. Educ. Psychol. Couns., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2020.

L. F. Haryati and Nursaptini, “Konferensi Video sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19,” AL MA’ ARIEF J. Pendidik. Sos. DAN BUDAYA, vol. 3, no. 2, pp. 85–91, 2021.

Firman, A. P. Sari, and Firdaus, “Aktivitas Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Berbasis Konferensi Video: Refleksi Pembelajaran Menggunakan Zoom dan Google Meet,” Indones. J. Educ. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 130–137, 2021.

Sulaiman, “POLA MODERN ORGANISASI PENGEMBANGAN KURIKULUM,” J. Ilm. Didakt., vol. 14, no. 1, pp. 67–73, 2013.

C. Hague and S. Payton, Digital literacy across the curriculum. Futurelab, 2010.

G. P. D. Saraswati, P. Astuti, R. I. Darmawan, and M. A. S. Idris, “Literasi Digital Untuk Mendukung Upaya Konstruksi Identitas Guru Sebagai Pembelajar Sepanjang Hayat: Pelatihan Bagi Ikatan Guru Indonesia (IGI) Jawa Tengah,” Varia Humanika, vol. 3, no. 1, pp. 190–196, 2022.

I. Latifa and F. Pribadi, “PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM MENGATASI PENGANGGURAN DI ERA DIGITAL,” J. Pendidik. Sosiol. Undiksha, vol. 3, no. 3, pp. 137–146, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i4.7304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.