Analisis Loneliness pada Lansia di Panti Wredha Harapan Ibu

Erfiyanti Erfiyanti, Titin Nur Cahyati, Rasyifa Widiyana Putri, Anindita Tessa Noveli, Laela Aldellisa, Siti Hikmah

Abstract


Penelitian ini menganalisis kesepian pada lansia di Panti Jompo Harapan Ibu. Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, tema kesepian diidentifikasi melalui wawancara dengan 3 partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehilangan pasangan hidup, interaksi sosial yang terbatas, perasaan diabaikan, dan perasaan tidak berguna merupakan faktor yang mempengaruhi kesepian pada lansia di panti jompo. Kesepian memiliki dampak negatif pada kesejahteraan lansia, termasuk stres, depresi, dan penurunan kualitas hidup. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya program dan kegiatan sosial yang memperkuat interaksi sosial dan memberikan dukungan emosional kepada lansia di panti jompo.

 


Keywords


Loneliness; Lansia; Panti; Kesepian

Full Text:

PDF

References


Ningsih RW, Setyowati S. Hubungan Tingkat Kesepian dengan Kualitas Hidup pada Lansia di Posyandu Lansia Dusun Karet Yogyakarta. Jurnal Akademi Keperawatan YKY Yogyakarta. 2020;12(2):80–7.

Novitasari R, Aulia D. Kebersyukuran dan Kesepian pada Lansia yang Menjadi Janda/Duda. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 2019;7(2):146–57.

Hermawati N, Hidayat IN. Loneliness pada Individu Lanjut Usia Berdasarkan Peran Religiusitas. Psikis : Jurnal Psikologi Islami. 2019;5(2):155–66.

Kristlyna E, Sudagijono JS. Perbedaan Intensitas Loneliness pada Mahasiswa Indonesia yang Melanjutkan Studi di Luar Negeri Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Jurnal Experentia. 2020;8(2):104–11.

Wiyono H, Sukartini T, Mundakir. Pengaruh Cognitive (CCBT) terhadap Tingkat Kesepian, Kecemasan dan Depresi pada Lanjut Usia dengan Sindrom Stres Relokasi. Jurnal Keperawatan Florence. 2019;3(2):1–14.

Hanifah, Maydinar DD, Marsiah. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kesepian (Loneliness) pada Lansia di Puskesmas Karang Dapo. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia (JIKSI). 2021;2(2):114–21.

Sihab BA, Nurchayati. Loneliness pada Lansia yang Tinggal Sendiri. Character: Jurnal Penelitian Psikologi. 2021;8(8):165–75.

Suardiman SP. Psikologi Lanjut Usia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press; 2016.

Tranggono A, Florentina T, Aditya A. Kesejahteraan Psikologis terhadap Kesepian pada Mahasiswa Rantau. Jurnal Psikologi Karakter. 2022;2(2):203–9.

Yulianti GPN, Kusdiyati S. Studi Deskriptif Kesepian (Loneliness) pada Siswa Adiksi Media Sosial di SMAN “X” Bandung. Prosiding Psikologi. 2019;5(2):599–603.

Lestari S. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana; 2012.

Aristawati E, Ratnawati R, Imavike F. Studi Fenomenologi: Pengalaman Kesepian pada Lansia yang Tinggal di Rumah Seorang Diri di Desa Tunggul Wulung–Pandaan. The Indonesian Journal of Health Science. 2015;6(1):18–25.

Azwan, Herlina, Karim D. Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kualitas Hidup Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha. JOM: Jurnal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau. 2015;2(2):962–70.

Mastuti DA. Kebahagiaan Lanjut Usia Ditinjau dari Dukungan Keluarga. [Surakarta]: Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i3.7129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.