Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS di Kelas VII MTsN 1 Mukomuko
Nurhariani Suci, Nurhariani Suci
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: (1) peran guru dalam menanamkan sikap sosial siswa di kelas VII MTsN 1 Mukomuko, (2) faktor pendorong dan penghambat bagi guru dalam menanamkan sikap sosial siswa di kelas VII MTsN 1 Mukomuko. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif penanaman sikap sosial siswa di kelas VII MTsN 1 Mukomuko melalui pembelajaran IPS yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sikap sosial siswa kelas VII MTsN 1 Mukomuko ditanamkan melalui pembelajaran IPS dengan cara menanamkan nilai-nilai sikap sosial siswa dengan strategi pembelajaran IPS, kemampuan guru memberikan contoh sikap interaksi yang baik kepada siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas, mengkaitkan materi pelajaran IPS dengan nilai-nilai sikap sosial dan dengan memberikan kalimat-kalimat positif yang mengandung nilai sikap sosial diawal pembelajaran, menggunakan media IT pembelajaran IPS, dan melakukan evaluasi terkait sikapsosial. (2) Hasil penanaman sikap-sikap sosial siswa kelas VII MTsN 1 Mukomuko melalui pembelajaran IPS sudah tertanam dengan kategori Baik. Guru terlihat sudah berhasil menanamkan nilai sikap sosial sesuai dengan indikator-indikator yang telah peneliti jabarkan, yaitu: kejujuran, sopan santun, disiplin diri, toleransi pada siswa kelas VII MTsN 1 Mukomuko.