Konstruksi Mahasiswa Terhadap Kesenjangan Sosial Ekonomi di Lingkungan Kampus Kota Surabaya

Ailsa Fitri Shafwa, Pambudi Handoyo

Abstract


Kesenjangan sosial merupakan suatu keadaan dimana tidak seimbang dari masyarakat untuk menerima akses yang terdapat didalam suatu masyarakat. Dalam lingkungan kampus, kesenjangan sosial seringkali dirasakan oleh mahasiswa yang memiliki tingkat ekonomi rendah. Dimana sering mendapatkan perlakuan yang tidak adil didalam sebuah pergaulan atau pertemanan. Pada masa ini, dimana era teknologi informasi yang semakin memadai, membuat banyak dari mahasiswa mulai mengerti fashion atau merk-merk dari barang branded yang dari situ menandakan status sosial mereka. Status sosial tersebut yang kemudian menentukan segalanya sehingga membuat pola dari pergaulan mahasiswa melekat pada status sosial yang kemudian dapat menyebabkan kesenjangan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat stastus sosial ekonomi mahasiswa yang dapat mempengaruhi pola pergaulan atau pertemanan sehingga menyebabkan kesenjangan sosial. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitataif. Yang dimanan teknik pengumpulan datta berasal daru penelitian ini berasal dari dua sumber, yaitu dari data primer yang didapat dari sumber pertama secara langsung dan dari data sekunder yang diperoleh dari berita, jurnal, tesis dan skripsi. Penelitian ini menggunakan teori Max Weber mengenai stratifikasi sosial tau yang biasa dapat disebut kelas, ststus, dn kekuasaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa yang berada di Kota Surabaya memiliki persepsi bermacam-macam terkait adanya kesenjangan sosial yang ada di lingkungan kampus.

 


Keywords


kesenjangan sosial, mahasiswa, lingkungan kampus

Full Text:

PDF

References


Adlina, E. F. (2022). Gaya Hidup Masyarakat Kelas Menengah di Perumahan Deltasari Indah Dalam Tinjauan Teori Stratifikasi Sosial Max Weber.

Dwijayanti RI, R. S. B. A. (2018). Modernitas dalam Kehidupan Hedonis Remaja Putri (Strukturasi Kelompok Sosialitasi Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi di Jakarta). Jurnal ISIP USNI, 12(1), 69–78.

Hidayat, A. (2018). Kesenjangan Sosial Terhadap Pendidikan Sebagai Pengaruh Era Globalisasi. Justisi Jurnal Ilmu Hukum, 2(1), 15–25. https://doi.org/10.36805/jjih.v2i1.400

Incing, V., Hardianto, W. T., & Rusmiwari, S. (2013). Kesenjangan Gender (Perempuan) Dalam Mendapatkan Pendidikan Pada Masyarakat Pedesaan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2(1), 42344.

Kartikasari, D. (2013). Analisis Kesenjangan Antara Input Dengan Output Pada Pendidikan Tinggi Akuntansi Di Batam. Artikel Manajemen Bisnis Dan Politeknik Negeri …. https://p2m.polibatam.ac.id/wp-content/uploads/2014/07/Microsoft-Word-Analisis-Kesenjangan-pada-Pendidikan-Tinggi-Akuntansi-1Dwi-kartikasari.pdf

Saputra, A. T. (2020). Reproduksi Kesenjangan Sosial di Ranah Pendidikan: Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Kajian Sosiologi Kontemporer, 1–25. https://sosiologi.fisip.ui.ac.id/ojs/index.php/ksk/article/download/11/10

Subagja, D. (2018). Gaya Komunikasi Ketua Sakamichi Squad Bandung (Ssb) Dalam Meningkatkan Loyalitas Anggotanya. Unikom, 2009, 49–63. http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933

Taufiqqurohman. (2010). Sekolah Elit Sebagai Alat Reproduksi Kesenjangan Sosial (Studi Terhadap Reproduksi Kesenjangan Sosial di Lingkungan Internal Sekolah Dasar Muhammadiyah Sapen Yogyakarta).

Wahyuni, E., Nurihsan, J., & Yusuf, S. (2018). Kesejahteraan Mahasiswa: Implikasi Terhadap Program Konseling Di Perguruan Tinggi. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 96–106. https://doi.org/10.21009/insight.071.08




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i3.6957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.