STRATEGI ENTRENEURIAL MARKETING PADA UMKM KLASTER BANDENG PRESTO SEMARANG
Yuli Budiati, Nuria Universari
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi entrepreneurial marketingdalam mempertahankan usaha pada UMKM Bandeng Presto Semarang, faktor pendukung dan faktor penghambat usaha . Dalam penelitian ini obyek yang digunakan adalah pelaku usaha Bandeng Presto Semarang dengan empat informan sebagai sampel penelitian dan menggunakan metode analisis kualitatif.
Implementasi entrepreneurial marketing pada UKM Bandeng Presto Semarang antara lain UKM Bandeng Presto telah memasarkan produknya secara proaktive dengan berbagai cara kepada konsumen, pengelola UKM mengambil peluang (opportunity driven) dari tiap jaringan yang dimiliki dan menerapkan informal marketing research. UKM Bandeng presto selalu menjalin komunikasi langsung dengan pelanggan. UKM menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak(value creation through relationship and Alliance).
Dalam mempertahankan pelanggan adalah menjalin komunikasi dengan pelanggan. Pengelola UKM Bandeng mengelola resiko bisnis secara hati-hati. UKM Bandeng presto selalu menjalin hubungan dua arah kepada pelanggan. UKM menjalin kerja sama dan memperluas jaringan serta mempertahankan usahanya melalui penawaran harga yang terjangkau sehingga konsumen tetap membeli produknya agar usahanya tetap bisa tumbuh, bukan hanya laba jangka pendek dan faktor yang kedala yang dihadapi UKM Bandeng Presto adalah keterbatasan jaringan baik pasar, suplier, modal. Sebagian pengelola UKM masih takut resiko permodalan karena keterbatasan jaringan pemasaran. Lebih lanjut UKM perlu menciptakan nilai melalui pembinaan jaringan dan kerjasama.
Keywords
Proactive, informal marketing research, value creation, commuication, inovation, relationship