STUDI TENTANG KEPUTUSAN MEMILIH JURUSAN S1 AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI UNIVERSITAS SEMARANG)

Amerti Irvin Widowati, Surjawati Surjawati

Abstract


Pendidikan adalah modal utama manusia untuk melangkah ke dunia kerja. Pendidikan dimulai dari dasar sampai perguruan tinggi. Proses pendidikan di Indonesia dimulai dari PAUD sampai perguruan tinggi. Dalam hal penidikan dari PAUD sampai SMA tidak terlalu banyak pilihan karena peserta didik hanya mengikuti jalur yang sudah ada. Tetapi berbeda dengan pendidikan di perguruan tinggi. Dimana lulusan dari SMA harus dihadapi dengan banyak pilihan jurusan. Penelitian ini mencoba untuk meneliti mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa untuk memilih jurusan S1 akuntansi.

Data penelitian ini adalah mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Semarang.   Adapun data penelitian ini demnggunakan data primer berupa kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan 137 data penelitian.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor personal menunjukkan bahwa dari kesebelas faktor tersebut, hanya faktor dapat mempertahankan IPK yang memiliki perbedaan antara mahasiswa laki-laki dengan mahasiswa perempuan. Faktor rekomendasi menunjukkan Tidak ada perbedaan faktor rekomendasi untuk memilih jurusan akuntansi antara mahasiswa laki-laki dengan mahasiswa perempuan. Faktor Profesi menunjukkan Faktor profesi, menunjukkan bahwa persepsi akuntansi selalu dibutuhkan dalam bisnis merupakan factor utama para responden memilih jurusan akuntansi, serta terdapat perbedaan dalam hal tersedianya lowongan pekerjaan yang hebat dan gaji awal yang memuaskan antara mahasiswa laki-laki dengan mahasiswa perempuan.


Keywords


Mahasiswa, Faktor Profesi, Fakor Rekomendasi, Faktor Personal

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v17i1.498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.