Alturisme Masyarakat Kota (Studi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Mengatasi Pengemis Di Kota Bandar Lampung)

Annisa Reswari, Aulia Wazulfa Mutaharoh, Agus Triono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana mengatasi pengemis di Kota Bandar Lampung yang mengalami peningkatan secara signifikan dan faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab semakin maraknya pengemis di Kota Tapis Berseri ini. Karena salah satu tugas utama suatu negara adalah memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya. Hal serupa juga berlaku bagi Indonesia yang menganut konsep hukum kesejahteraan. Terlebih lagi dalam konstitusi negara ini ditegaskan bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara. Namun, dalam praktiknya, masih dijumpai fenomena yang mengindikasikan belum sejahteranya rakyat Indonesia, salah satunya adalah semakin maraknya pengemis.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif yang didasarkan pada Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung No. 03 Tahun 2010 tentang Pembinaan Anak Jalanan, Gelandangan, dan Pengemis, ajaran agama Islam, serta aturan adat yang menjadi pedoman bagi masyarakat Lampung, yaitu Piil Pesenggiri. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Kota Bandar Lampung dan lebih difokuskan kepada masyarakat yang ada di tempat-tempat umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peraturan yang ada sudah diterapkan namun banyak masyarakat yang belum mengetahui atau enggan untuk patuh dengan peraturan tersebut. Selain itu, masyarakat yang menjadi pengemis adalah orang-orang Islam yang notabennya menggunakan atribut Islam dalam melakukan kegiatan tersebut.

Dengan demikian, perlu adanya kerjasama antara pemerintah dengan stakeholders terkait untuk memaksimalkan implementasi Perda yang ada. Selain itu, Dinas Sosial juga sangat dibutuhkan sebagai sarana untuk menampung para pengemis dan tempat untuk mengasah keterampilan para pengemis. Dengan adanya kerjasama tersebut, diharapkan perda yang ada dapat berjalan dengan maksimal dan angka pengemis dapat menurun.


Keywords


Alturisme; Pengemis; Piil Pesenggiri; Islam

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.4593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.