Pengembangan Potensi Wisata Kuliner Situasi Covid-19 Simpang Lima Kota Semarang

Desika Nur Jannah, Syaiful Ade Septemuryantoro, Ryani Putri

Abstract


Sektor pariwisata sebagai kegiatan perekonomian telah menjadi andalan dan prioritas pengembangan bagi sejumlah negara, terlebih bagi negara berkembang seperti Indonesia yang memiliki potensi wilayah yang luas dengan adanya daya tarik wisata cukup besar, banyaknya keindahan alam, aneka warisan sejarah budaya dan kehidupan masyarakat. Akan tetapi kuliner-kuliner tersebut belum dikemas sedemikian rupa untuk menarik minat wisatawan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis potensi kawasan wisata kuliner di kota Semarang Jawa Tengah dan mengidentifkasi masalah-masalah yang dihadapi dalam mengembangkan wisata kuliner dalam menunjang pariwisata di kota Semarang Jawa Tengah. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Metode analisa data adalah deskriptif kualitatif serta menggunakan analisis SWOT. Dalam melakukan analisa data dilakukan dengan mengumpulkan data sekunder maupun data primer. Data sekunder diperoleh dari beberapa pelaku kuliner di Kota Semarang, dan beberapa orang yang menyukai wisata kuliner seperti Kepala Dinas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Kepala Bidang Pariwisata di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang , dan beberapa pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang. Hasil penelitian didapatkan memiliki banyak sekali makanan khas yang sudah dikenal wisatawan yang dapat di kunjungi dan sangat di minati oleh para wisatawan dan itu menjadikan ikon wisata kuliner di kota ini. Ikon wisata kuliner Kota Semarang adalah Pindang Serani, Tahu Gimbal, Lumpia Gang Lombok, Babat Gongso Pak Karmin, Es Cong Lik, Mie Kopyok Pak Dhuwur, Kue Lekker Paimo, Pisang Plenet dan masing banyak yang lainnya.


Keywords


Pengembangan Pariwisata, Wisata Kuliner, Kota Semarang

Full Text:

PDF

References


Adrasmoro, D., Santosa, S., & Endarto, D. (2015). Pengembangan Potensi Pariwisata Pendidikan Geografi dengan Analisis Kurikulum Geografi SMA Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisata di Kabupaten Karanganyar Tahun 2013. Jurnal GeoEco, 1(2), 180 194.

Ahmadi, E. (2019). Strategi Pengembangan Pariwisata Halal Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang. In Universitas Islam Negeri Walisongo (Issue 2). Universitas Islam Negeri Walisongo.

Arifin, D. (2020). Presiden Tetapkan COVID-19 Sebagai Bencana Nasional. Badan Nasional Penanggulangan Bencana, 2. https://bnpb.go.id/berita/presiden-tetapkan-covid19-sebagai-bencana-nasional

Ary, M., & Sanjaya, R. (2020). Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Program Studi Menggunakan Analisis Swot (Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi Ars University). Jurnal Tekno Insentif, 14(1), 1 8. https://doi.org/10.36787/jti.v14i1.198

Besra, E. (2012). Potensi Wisata Kuliner Dalam Mendukung Pariwisata Di Kota Padang. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 12(1), 74 101.

Dasawaty, N. N. dan E. S. (2020). Aplikasi Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Framework Ward Dan Peppard Pada Pt Koding Next Indonesia. Jurnal Informatika Dan Bisnis, 81(922), 235 236. https://doi.org/10.2473/shigentosozai1953.81.922_235

eri Kurniawansyah HS*, Amrullah, M. Salahuddin, Muslim, S. N. (2020). Konsep Kebijakan Strategis Dalam Menangani Eksternalitas Ekonomi Dari Covid - 19 Pada Masyarakat Rentan Di Indonesia. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, Vol. 1 No.(2), 130 139. file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf

Farihiyyah, F., & Musthofa, M. B. (2020). Penerapan Analisis SWOT Sebagai Strategi Dalam Menghadapi Dampak Perekonomian Masyarakat Di era Pandemi. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 44 54. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.293

Gian Dwi Jayanti, Pribadiyono, I. N. (2019). Analisis Swot Untuk Mengetahui Positioning Perusahaan Dalam Menentukan Strategi Perusahaan Pada Ud. Mahkota Gempol [Universitas Bhayangkara Surabaya]. http://eprints.ubhara.ac.id/473/3/Jurnal Gian Dwi Jayanti 1512111123.pdf

Husada, F. R. K. (2019). Pengaruh Penyuluhan Tentang Asupan Zink Dan Fe Dengan Media Booklet Terhadap Sikap Ibu Yang Mempunyai Anak Balita Stunting Yang Pernah Mendapat Cookies Kacang Merah Di Desa Kubah Sentang Kecamatan Pantai Labu [Program Studi Diploma Iv Giz]. In Program Studi Diploma Iv Gizi (Vol. 8, Issue 5). http://repo.poltekkes-medan.ac.id/jspui/bitstream/123456789/1765/1/Jairina Skripsi.pdf

Inskeep, E. (1991). Tourism Planning And Suistainable Development Approach. Van Nostrand Reinblod, New York.

Juliana, J. (2019). Analisis Potensi Kawasan Wisata Kuliner Dalam Mendukung Pariwisata Di Kota Tegal Jawa Tengah. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 10(2), 2 3. https://doi.org/10.31294/khi.v10i2.6356

Kementerian PPN/Bappenas. (2020). Laporan Perkembangan Ekonomi Indonesia dan Dunia Triwulan III Tahun 2020. Kementerian PPN/Bappenas, 4(3), 1 100.

Maharani, A. G. (2018). Analisa Potensi Wisata Kuliner Kota Salatiga ( Studi Kasus : Kota Salatiga ). In Universitas Kristen Satya Wacana. Universitas Kristen Satya Wacana.

Mulyati, N. R. B. E. T. A. (2020). Analisis Swot Sebagai Alat Bantu Dalam Menetapkan Strategi Pemasaran Ud. Rizky Barokah Surabaya. Jurnal Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 274 282. http://eprints.ubhara.ac.id/473/3/Jurnal Gian Dwi Jayanti 1512111123.pdf

Prayogi, D. (2017). Pengembangan Potensi Wisata Kuliner Kota Malang Berbasis Sumber Daya Lokal. Jurnal Pariwisata Pesona, 2(1), 1 13. https://doi.org/10.26905/jpp.v2i1.1260

Purba, A. B., Suliantoro, H., & ... (2015). Perancangan Strategi Bisnis dengan Menggunakan Matriks SWOT (Studi Kasus: Bank Jateng Pusat Semarang). €¦ Engineering Online Journal, April 2014. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/9863

Purbawati, Christina; Hidayah, Lathifah Nurul; Markhamah, M. (2020). Dampak Social Distancing Terhadap Kesejahteraan Pedagang Di Pasar Tradisional Kartasura Pada Era Pandemi Korona. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hummaniora, 4(2). https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1724981

Putriani, D. (2017). Analisis Swot Sebagai Asar Perumusan Strategi Bersaing Pada Produk Asuransi Jiwa Perorangan Ajb Bumiputera 1912 Kpr Pekanbaru. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689 1699.

Riadi, M. (2020). Analisis SWOT (Pengertian, Tujuan, Aspek, Kuadran dan Matriks). Kajian Pustaka. https://www.kajianpustaka.com/2020/09/analisis-SWOT.html

Rochmawati, N., Nailah, N., & Oktariadi, I. (2013). Penelusuran Jejak Makanan Khas Semarang Sebagai Aset Inventarisasi dan Promosi Wisata Kuliner Jawa Tengah. Dipoipteks, 1(1), 7 11.

Sasongko, I., Setiawan, A., & Purnama, Y. S. (2019). Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Kuliner di Sepanjang Koridor Jalan Soekarno Hatta, Kota Malang. Perencanaan Wilayah Dan Kota.

Sekaran, Uma dan Bougie, R. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building Approach. In New Jersey (7th Editio). Wiley.

Setya, M. V. (2017). Semarang Dalam Upaya Mengembangkan Pariwisata Kota Semarang. Journal of Politics and Government Studies, 6, 410 401.

Surya, O. L. (2013). Formalisasi Aktivitas Pedagang Kaki Lima di Simpanglima Semarang. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 9(3), 215. https://doi.org/10.14710/pwk.v9i3.6521

Suwena, I. K., & Widyatmaja, I. G. N. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata (S. Trisila (ed.); Revisi). Pustaka Larasan.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v22i2.4531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.