Implementasi Literasi Budaya Sebagai Solusi Disintegrasi Bangsa di Tengah Pandemi

Tia Nur Aeni

Abstract


Disintegrasi bangsa merupakan permasalahan kompleks dan ancaman yang cukup besar bagi suatu negara. Berbagai faktor yang melatarbelakangi terjadinya disintegrasi bangsa salah satunya ialah ketidaksadaran masyarakat dalam memahami keanekaragaman yang dimiliki Indonesia. Keanekaragaman ini meliputi berbagai aspek kehidupan salah satunya ialah aspek budaya. Kadangkala kesadaran masyarakat dalam mencerna lingkungan dan keanekaragaman yang rendah dapat disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat terhadap literasi budaya itu sendiri. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hakikat dan urgensi dari literasi budaya. Tak sampai di situ, penulis berusaha untuk mengungkapkan beberapa kegiatan atau implikasi literasi budaya pada kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka menghindari ancaman disintegrasi bangsa di tengah pandmei COVID-19. Metode yang digunakan penulis ialah penelitian literature review dan pendekatan kualitatif dengan kurang lebih digunakan sebanyak 22 literatur yang hasil datanya dianalisis secara terperinci dan mendalam berdasarkan konsep teori tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi budaya ini sendiri merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap warga negara. Terdapat pula berbagai macam implementasi literasi budaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya disintegrasi bangsa sehingga penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi sebagai penambah wawasan serta kesadaran masyarakat terhadap keutuhan NKRI.


Keywords


National disintegration; cultural literacy; the COVID-19 pandemic

Full Text:

PDF

References


Ahsani, E. luthfi F., & Azizah, N. R. (2021). Implementasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317

Aprinta, G. (2013). Fungsi Media Online Sebagai Media Literasi Budaya Bagi Generasi Muda. Jurnal The Messenger, 5(1), 16. https://doi.org/10.26623/themessenger.v5i1.218

Badan Pusat Statistik. (2020). Hasil Sensus Penduduk 2020. [online]. Diakses pada

https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html

Cahyadi, R. (2019). Kearifan Lokal Festival Sewu Gandrung Banyuwangi Sebagai Penunjang Literasi Budaya. Prosiding SENASBASA, 1, 59 66. http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA

Eko Atmojo, S., & Lukitoaji, B. D. (2020). Pembelajaran Tematik Berbasis Etnosains Dalam Meningkatkan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(2), 105 113. https://doi.org/10.21067/jip.v10i2.4518

Faizin. (2018). Literasi Budaya Lokal Untuk Meminimalisir Gegar Budaya Pemelajar Bipa. Prosiding SENASBASA, 116 124.

Hamid, S. I., Abdillah, F., & Istianti, T. (2018). Mengurai Konstelasi Filosofis Pancasila Melalui Literasi Budaya Kewarganegaraan Dan Literasi Digital Kewarganegaraan. Prosiding Seminar Pendidikan €¦, January. https://www.researchgate.net/profile/Fauzi_Abdillah/publication/334624801_Mengurai_Konstelasi_Filosofis_Pancasila_Melalui_Literasi_Budaya_Kewarganegaraan_Dan_Literasi_Digital_Kewarganegaraan/links/5d36903ca6fdcc370a578057/Mengurai-Konstelasi-Filosofis-Pan

Hapsari, D. T. (2018). Masyarakat Indonesia. Jurnalisme Radio Pada Era Digital: Tranformasi Dan Tantangan, 44, 61 74.

Hasanah, U., Tarma, T., Nugraheni, P. L., & Sofyan, R. (2019). Penyuluhan Family Literacy Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Pada Masyarakat Wilayah Candi Batujaya Karawang. Sarwahita, 15(02), 113 118. https://doi.org/10.21009/sarwahita.152.06

Maimun, M., Sanusi, S., Rusli, Y., & Muthia, H. (2020). Internalisasi Nilai-nilai Karakter Kebangsaan Melalui Literasi Budaya dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Banda Aceh. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 8. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1789

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1 3. osf.io/efmc2

Musaffak, A. S. (2019). Mistisisme Sebagai Bentuk Literasi Budaya Di Kalangan Masyarakat Jawa. Prosiding SENASBASA, 3(1), 119 124.

Pianto, H. A. (2018). Usaha Mengatasi Ancaman Disintegrasi Bangsa dalam Rangka Memupuk Persatuan dan Kesatuan Bangsa Pasca Kemerdekaan. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1(2), 179 187. https://doi.org/10.30743/mkd.v1i2.517

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65 80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066

Putra, P., & Oktaria, R. (2020). Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan Urgensi Mengembangkan Literasi Informasi dan Literasi Budaya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 2(1), 134 146.

Putri Utami, I. W., & Muzakki, A. (2020). Analisis Pendampingan Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan Di Era New Normal. Wahana, 72(2), 126 130. https://doi.org/10.36456/wahana.v72i2.2851

Saepudin, E., Damayani, N. A., & Rusmana, A. (2018). Model literasi budaya masyarakat Tatar Karang di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(1), 1. https://doi.org/10.22146/bip.33315

Suryawati, I. G. A. A., & Santhiarsa, I. G. N. N. (2020). Literasi Budaya Bali : Kajian Filsafat Ilmu Tentang Keadilan Dalam Sistem Subak. Jurnal Nomosleca, 6(1), 47 52. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v6i1.3960

Susanti, S., & Permana, R. S. M. (2016). Pembelajaran Literasi Budaya Sunda pada Peserta Didik Sekolah Dasar Utami Kab. Garut, Jawa Barat. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 5(1), 34 37. journdharmakarya/article/viewFile/11437/5233al.unpad.ac.id/

Tohani, E., & Sugito. (2019). Penguatan Literasi Budaya Bagi Pelaku Seni Budaya Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 39 46. https://doi.org/10.21009/jiv.1401.4

Universitas, H., Negeri, I., Maulana, S., Banten, H., Forum, W. E., Kuliah, M., Indonesia, B., & Kunci, K. (2015). Desain Literasi Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. vol 1 no.2.

Winastwan, R. E., & Fatwa, A. N. (1970). Strategi Perpustakaan Umum Dalam Meningkatkan Literasi Budaya Masyarakat. TADWIN : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 13 21. https://doi.org/10.19109/tadwin.v2i1.7435

Yulianingsih, W., Lestari, G. D., & Rahma, R. A. (2018). Parenting Education Dalam Literasi Budaya dan Kewargaan. Prosiding Seminar Nasional Dan Temu Kolegial Jurusan PLS Se-Indonesia, 55 58.

Yusuf, R., Sanusi, Razali, Maimun, Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa SMA Se-Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 91 99.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.4501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.