Literasi Finansial di Kalangan Generasi Z dalam Berbelanja Online di Masa Pandemi Covid-19

Lia Fitriyani

Abstract


Adanya pandemi covid-19 berdampak pada kegiatan sehingga banyak berjualan secara online . Begitupun menciptakan Z yang kondisi keuangannya menciptakan pandemi sehingga perlu memiliki kemampuan literasi finansial agar dapat memahami risiko dan membuat keputusan yang efektif ketika berbelanja online di masa pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui literasi generasi Z dalam berbelanja online di masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik survei menggunakan kuesioner yang dibagikan dan diisi oleh 32 responden dengan rentang usia 18-21 tahun sebagai representasi generasi Z. Hasil penelitian yang diperoleh sebanyak 56,3% responden menyatakan intensitas berbelanjaonline di masa pandemi cukup sering; 78,1% responden menyatakan hal yang membuat generasi Z berbelanja online adalah kebutuhan; 84,4% responden mengambil keputusan efektif dalam mengatur dalam berbelanja online ; 75% responden menyatakan terpengaruh dengan adanya diskon saat berbelanja online; dan sebanyak 90,6% responden menyatakan pendapatan yang mengurangi kepuasan belanja online di masa pandemi. Dari penelitian ini dikatakan bahwa generasi Z telah memiliki kemampuan literasi finansial karena dapat mengelola, merencanakan, dan membuat keputusan yang efektif dalam berbelanja online di masa pandemi. Penelitian ini diharapkan mampu membuat generasi Z semakin peduli terhadap kesejahteraan finansialnya dengan meningkatkan dan menerapkan literasi finansial dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Financial literacy; generation Z; online shopping; pandemic

Full Text:

PDF

References


Anggarini, D. R., Putri, A. D., & Lina, L. F. (2021). Literasi Keuangan untuk Generasi Z di MAN 1 Pesawaran. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 147 152. https://doi.org/10.54082/jamsi.42

Aryani, N., Yulaika, R., & Wikanso. (2021). Pengaruh Literasi Finansial dan Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Shopping Lifestyle Mahasiswa Universitas PGRI Madiun Tahun Akademik 2019/2020. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajaran, 9(1), 14 25. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/equilibrium/article/download/8516/3111

Islammilyardi, Agista Pahlana; Sojanah, J. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Pembelajaran Di Perguruan Tinggi terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa. Prosiding Festival Riset Ilmiah Manajemen & Akuntansi (FRIMA), 565 570.

Kemendikbud, T. G. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. Gerakan Literasi Nasional, 1 41. http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/buku-literasi-finansial/

Kusumo, W. K., & Setiawan, W. (2016). Pengaruh Faktor-Faktor yang Dapat Memotivasi Mahasiswa Berkeinginan Wirausaha. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(1), 159. https://doi.org/10.26623/jdsb.v18i1.566

Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akutansi (JPAK), 9(1), 131 139.

Lestari, L. D., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Fenomena Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) Pada E-Commerce Shopee melalui Diskon dan Kemudahan Bertransaksi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3). https://newsmaker.tribunnews.com/.

Nur Aini, Syifa; Wahyudi; Siswantini, T. (2021). ANALISIS PERILAKU KEUANGAN GENERASI Z PADA MAHASISWA UPN VETERAN JAKARTA DI MASA PANDEMI. Jurnal Riset Bisnis, 5(1), 74 85.

OJK. (2021). Indonesia Millenials Financial Summit 2021. Diakses pada 29 November 2021, dari https://www.ojk.go.id/id/media/ojk-tv/detail-video.aspx?id=800

Rachmadi, K. R., Arifin, R., & Taqwiem, A. (2021). Perilaku Belanja Online Konsumen terhadap Black Friday dan Acara Flash Sale Thanksgiving Holiday Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia: Minat dan Pembelian. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 12(1), 59 76.

Santoso, G., & Triwijayati, A. (2018). Gaya Pengambilan Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online pada Generasi Z Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(3), 231 242. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.231

Saraswati, A. M., & Nugroho, A. W. (2021). Perencanaan Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z di Masa Pandemi Covid 19 melalui Penguatan Literasi Keuangan. Warta LPM, 24(2), 309 318. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.13481

Suratno, S., Rosmiati, R., & Siswono, E. (2021). Pengaruh Online Shop , Lingkungan Teman Sebaya dan Literasi Keuangan terhadap Pembelian Implusif. Jmpis-Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 61 75.

Sustiyo, J. (2020). Apakah Literasi Keuangan Memengaruhi Perilaku Konsumsi Generasi Z? Imanensi: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi Islam, 5(1), 25 34. https://doi.org/10.34202/imanensi.5.1.2020.25-34

Utari, P., Fitri, A., Setyanto, E., & Henny, C. (2020). Belanja On-line Mahasiswa di Era Pandemi Covid-19: Modifikasi Perilaku Konsumen. Islamic Communication Journal, 5(2), 143. https://doi.org/10.21580/icj.2020.5.2.6450

Wahyuningtyas, S. N. S. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Kualitas Layanan E-Commerce, dan Promosi Penjualan Online terhadap Perilaku Belanja Online. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 47 60. https://doi.org/10.26740/jpeka.v5n1.p47-60




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.4480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.