Penerapan Etika Komunikasi di Media Sosial: Analisis Pada Grup WhatsApps Having Fun

Ahmad Arifandi, Irma Yusriani Simamora

Abstract


Manusia sebagai makhluk sosial tentu saja melakukan aktivitas komunikasi dalam kesehariannya. Proses komunikasi pun bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan media. Semakin berkembangnya teknologi, perkembangan media pun menjadi semakin canggih. Salah satu diantaranya adalah perkembangan media sosial. Pada saat ini, proses komunikasi sudah sangat mudah dengan kita mengenal media sosial. Dalam penggunaan media sosial, tentu saja tidak bisa seenaknya, tapi ada etika komunikasi yang perlu diperhatikan dan diterapkan. Etika komunikasi pada media sosial inilah yang akan dikaji oleh penulis.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penerapan etika komunikasi di media sosial WhatsApp. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana penerapan etika komunikasi pada media sosial WhatsApp. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah semua postingan pada grup WhatsApp Having Fun.


Keywords


Etika, Komunikasi, Media Sosial, WhatsApp

Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJI) (2018). Penetrasi dan Profile Perilaku Pengguna Internet Indonesia. https://apjii.or.id/survei

Fahrimal, Y. (2018). Netiquette: Etika Jejaring Sosial Generasi Milenial dalam Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 69-78.

Prasanti, D., & Indriani, S. S. (2017). Etika Komunikasi dalam Media Sosial Bagi Ibu-Ibu PKK di Desa Mekarmukti Kab. Bandung Barat (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Etika Komunikasi dalam Media Sosial Bagi Ibu-Ibu PKK di Desa Mekarmukti Kab. Bandung Barat). Profetik: Jurnal Komunikasi, 10(1), 21-34.

Rifauddin, M. (2016). Fenomena cyberbullying pada remaja. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 4(1), 35-44.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.4479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.