Fenomena Perilaku Belanja Online Sebagai Alternatif Pilihan Konsumsi Di Kalangan Remaja

adelia elmayanti, bayu agung laksono, meesa difa shalshabella, nadya restu ristanti, nida falia

Abstract


Abstrak

Semakin berkembangnya kemajuan teknologi karena adanya globalisasi menimbulkan suatu fenomena perilaku baru di kehidupan masyarakat. Munculnya fenomena perilaku belanja online sebagai alternatif pilihan konsumsi di kalangan remaja merupakan suatu bentuk dari perkembangan teknologi dalam media berbelanja. Sistem belanja secara online lebih efisien karena cara kerja online shop ini pembeli tidak bertemu langsung dengan penjual termasuk juga saat pembayarannya dan dapat ditransfer. Bagi kalangan remaja, online shop ini menawarkan kebutuhan yang bervariasi sehingga menjadi keuntungan dalam alternatif pilihan konsumsinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab dan dampak yang ditimbulkan tentang pembahasan fenomena belanja online sebagai alternatif pilihan konsumsi di kalangan remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data kualitatif dengan melibatkan 32 responden atau informan di kalangan remaja. Didiskripsikan dalam penelitian ini bahwa responden berjenis kelamin perempuan lebih mendominasi dalam penggunaan belanja online sebagai alternatif pilihan konsumsi kalangan remaja. Kemudahan dan kepraktisan menjadi faktor penyebab kalangan remaja lebih setuju melakukan belanja online.


Keywords


Online Shop, Pola Perilaku, Belanja, Kalangan Remaja.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Horisno dan Tri Pujadi, (2009). E-Business dan E-commerce sebagai trend taktik baru perusahaan, bidang multimedia, Pusat Informasi Agribisnis Kementrian Pertanian , dan jurusan Sistem Informasi , Fakultas Ilmu Komputer , Universitas Bina Nusantara, CommIT, Vol. 3 No. 2 Oktober

Ian Craib. 1986. Teori - Teori Sosial Modern. Jakarta. Rajawali

Istanti, F. (2017). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja Dan E-Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online Di Kota Surabaya. Jurnal Bisnis Teknologi, 4(1), 14-22.

Meylani, N. D. (2017). Pengaruh Kemudahan Belanja Online dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. SKETSA BISNIS, 4(2), 97- 107.

Nisa, F. K., Viratama, A. B., & Hidayanti, N. (2020). Analisis Pencarian Informasi Remaja Generasi z dalam Proses Pengambilan Keputusan Belanja Online (Analisis pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, 4(2), 146-159.

NURHAYATI, Nurhayati. Belanja Online Sebagai Cara Belanja di Kalangan Mahasiswa (Studi Kajian Budaya Di Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh). Aceh Anthropological Journal, 2017, 1.2: 1-22.

Sari, C. A. (2015). Perilaku berbelanja online di kalangan mahasiswi antropologi Universitas Airlangga (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Schutz, Alfred. 1970.On Phenomenology and Social Relations. Chicago: The University of Chicago Press

SOSIOLOGI FISIP UNHAS. 2019. PhD Thesis. Universitas Hasanuddin.

Sudrajat, A., & Ant, S. (2016). Fenomena Perilaku Belanja Online Sebagai Alternatif Pilihan Konsumsi Di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Paradigma, 4(03).

Tyra, M. J., Lina, L., & Clara, C. (2014). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pelanggan Belanja Online. Jurnal Manajemen Untar, 18(3), 112511.

YUNUS, MUHAMMAD. BELANJA ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA: STUDI TENTANG PERUBAHAN POLA BELANJA PADA MAHASISWA




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.4467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.