Perubahan Sosial Masyarakat Di Masa New Normal (Analisis Menggunakan Perspektif Sosiologi Talcott Parsons)

Ade Herawati

Abstract


Pandemi Covid-19 mengakibatkan terjadinya perubahan sosial yang cepat di masyarakat. Perubahan tersebut membuat masyarakat harus mengubah perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi perubahan sosial yang terjadi di masyarakat serta dampak yang terjadi di masa new normal akibat adanya pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan analisis perspektif sosiologi dengan memakai teori fungsionalisme Talcott Parsons. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan mencari berbagai referensi dari buku, jurnal, penelitian terdahulu, dan sumber-sumber terpercaya lainnya yang dapat memberikan informasi untuk membantu penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan sosial masyarakat yang terjadi di masa new normal merupakan isu sistem sosial untuk menekan virus Covid-19 beserta dampaknya. Sejak lama, Talcott Parsons telah memberikan kunci untuk mencapai keberhasilan sistem sosial yang baru, yakni melalui AGIL (Adaptation, Goal attachment, Integration, Latent pattern). Untuk mencapai masa new normal secara maksimal, maka harus melalui berbagai indikator dan pertimbangan yang matang serta didukung dengan kolaborasi yang baik antar komponen masyarakat.


Keywords


Perubahan sosial, Talcott Parsons, Masyarakat, New Normal

Full Text:

PDF

References


Syawaludin, M. (2014). Alasan Talcott Parsons tentang Pentingnya Budaya Kultur. Jurnal Ijtimaiyya. 7(1).

Sztompka, Piotr. (2014). Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Kencana prenada media group.

Ritzer, George. (2004) Teori sosiologi modern. (terjemahan), Nusa Media. Cetakan ke-II Edisike-6, Jakarta. Judul asli: Modern Sociological Theory, 6th Edition, by George Ritzer & Douglas J. Goodman.

Soekanto, Soerjono dan Sulistyowati, Budi. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Wahyuningsih, Christine. (2020). KENORMALAN BARU DAN PERUBAHAN SOSIAL DALAM PERSPEKTIF SOSILOGI. Majalah Ilmiah FISIP UNTAG Semarang. Volume 1, No.21 Oktober 2020.

Syaifudin. (2020). Wabah Virus Corona dan Dampak Sosiologis . Tempo.co tanggal 3 Maret 2020.

Aulia. (2020). Diskursus Penanganan COVID-19 oleh Pemerintah Pusat dan Daerah: Efektifkah Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Diterapkan. Fh Unpad.

Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Prasetya, A.,dkk. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat dalam Perspektif Sosiologi Talcott Parsons di Era New Normal. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia. Sosietas 11 (1) (2021) Hal: 929-939. Laman online: http://ejournal.upi.edu/index.php/sosietas/

Saragih.,dkk. (2020). Tren, Tantangan, dan Perspektif dalam Sistem Logistik pada Masa dan Pasca (New Normal) Pandemik Covid-19 di Indonesia. Jurnal Rekayasa Sistem Industri. Volume 9 No. 2 Juli 2020 (Edisi Khusus COVID-19). Laman online: http://journal.unpar.ac.id/index.php/jrsi/index




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.4439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.