Konstruksi Masyarakat Mengenai "Jamu Corona" di Desa Sawotratap, Sidoarjo

Muhammad Rafli Yusuf

Abstract


Pandemi Covid-19 telah berlangsung sekitar 2 tahun semenjak awal Maret tahun 2019. Virus yang berasal dari Wuhan China ini berhasil menginfeksi beberapa operasi di dunia. Virus ini dikatakan berasal dari hewan kelelawar yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat sana namun masih banyak persepsi mengenai asal dari virus ini. Virus ini menyerang imunitas tubuh sehingga mengakibatkan gangguan pernafasan kehilangan indra penciuman atau disebut juga anosmia. Tak hanya gangguan pernapasan dan anosmia ini sangat ganas hingga mendapatkan berapa orang sampai dirawat di ICU untuk mendapatkan ventilator. Karena hal inilah tanya rumah sakit di dunia khususnya di Indonesia mengalami overload dikarenakan banyaknya pasien yang menderita penyakit ini. Berbagai macam obat diminum atau dicoba oleh masyarakat baik itu obat yang dari resep dokter obat tradisional yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit Covid-19 ini. Konstruksi masyarakat terhadap obat tradisional   inilah yang secara masif diterapkan oleh beberapa daerah di Indonesia. Salah satu obat tradisional yang terkenal di berbagai daerah yaitu "jamu Corona" yang terbuat dari berbagai campuran rempah rempah yang sangat khas di Indonesia.

 


Keywords


Pandemi, Konstruksi Masyarakat, Jamu Corona

Full Text:

PDF

References


Elfahmi, Woerdenbarg, H. J., & Kayser, O. (2014). Jamu: Indonesian traditional herbal medicine towards rational phytopharmacological use. Journal of herbal Medicine Vol 4 Issue 2, 51-73.

Haeria. (2017). Pengantar Ilmu farmasi. Dalam Haeria, Pengantar ilmu farmasi (hal. 30-41). Makassar: UIN Alaudin Makassar.

Kusuma, A. r. (2020). . JAMU TRADISIONAL INDONESIA: TINGKATKAN IMUNITAS TUBUH SECARA ALAMI SELAMA PANDEMI. Jurnal Layanan Masyarakat (journal of Public Service), Vol 4 No 2, Hal 456-471.

Mulyani, H., Widyastuti, S. H., & Ekowati, V. I. (2016). .Tumbuhan Herbal Sebagai Jamu Pengobatan Tradisional Terhadap Penyakit Dalam Serat Primbon Jampi Jawi Jilid I. Jurnal Penelitia Humaniora Vol 21 No 2, 73-91.

Rosalina, I. (04 Juni 2020). Obat Tradisional di Era Pandemi Covid-19.

Sulaiman, A. (Juni 2016). Memahami Konstruksi Sosial Peter L. Berger. Jurnal Society, Vol VI, No 1.

Thervina Yenni Tri Kusuma, d. (2016). History Of Jamu. Diambil kembali dari scribd.com: https://id.scribd.com/document/324484975/The-History-of-Jamu




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.4430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.