Pentingnya Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Masyarakat

Alfindo Alfindo

Abstract


Multikultural berakar dari kata kebudayaan. Pengertian kebudayaan menurut para ahli sangat beragam, seperti, multikultural adalah ideologi yang dapat menjadi alat atau wahana untuk meningkatkan derajat manusia dan kemanusiannya. Multikultural mengakui dan mengagungkan perbedaan dalam kesederajatan baik secara individual maupun kelompok secara kebudayaan. Penelitian ini bersifat deskriptif karena penelitian ini semata-mata menggambarkan suatu objek untuk menggambil kesimpulan-kesimpulan yang berlaku secara umum. Dalam penelitian ini penulis akan mendekripsikan penelitian ini berkaitan dengan pentingnya nilai-nilai pendidikan multiikultural di dalam masarakat. Dan juga disusun menggunakan metode kepustakaan. Metode kepustakaan dilakukan dengan mengumpulkan berbagai bahan referensi bacaan yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. multikultural adalah proses pengembangan seluruh potensi manusia menghargai pluralitas dan heterogenitasnya sebagai konsekuensi keragaman budaya, etnis, suku, Masyarakat Indonesia merupakan €¬ masyarakat majemuk, yang terdiri dari bermacam suku bangsa,memeluk agama dan kepercayaan yang berbeda, mempunyai bahasa dan corak sosial budaya ang tidak sama antara yang satu dengan lain.

Keywords


Multicultural, Culture, and Multicultural Education

Full Text:

PDF

References


* Pratiknjo, M. M. (2012). Masyarakat Multikultural Bentuk dan Pola Interaksi dalam Dinamika Kehidupan Sosial. manado: Yayasan Serat Manado .

* Kompasiana. (2015, juni 24). Pentingnya Pendidikan Multikultural di Indonesia . Dipetik november 29, 2021, dari Kompasiana : https://www.kompasiana.com/akbarisation/5518bbb0813311cb669df0df/pentingnya-pendidikan-multikultural-di-indonesia

https://www.dosenpendidikan.co.id/masyarakat-multikultural/




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.4427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.