ANALISIS PENGARUH MOTIVASI, KOMITMEN, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI MEDIASI (Studi Kasus Pada PT. Gizindo Mitra Sukses)

Aris Priyo Hutomo

Abstract


Selama tiga tahun terakhir kinerja setiap departemen di PT. Gizindo Mitra Sukses tidak dapat mencapai target kerja 100%. Setiap tahun dari tahun 2017 2019 realisasi kinerja setiap departemen di PT. Gizindo Mitra Sukses terus menerus mengalami penurunan. Bahkan ada di tahun 2019 ada satu departemen di PT. Gizindo Mitra Sukses yaitu Departemen Marketing dan Penjualan realisasi kinerjanya di bawah 80%. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan kinerja. Pertanyaan Penelitian yang muncul adalah bagaimana meningkatkan kinerja dengan pendekatan motivasi, komitmen, budaya organisasi dan kepuasan kerja.

Populasi pada penelitian ini adalah sejumlah 78 Pegawai. Teknik sampling yang digunakan adalah sensus sehingga diperoleh responden sejumlah 78 Pegawai. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier berganda dan dilanjutkan dengan analisis mediasi menggunakan metode analis jalur (Path Analysis).

Hasil penelitian menunjukkan Motivasi berpengaruh postif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja, Komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja, Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja, Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja, Komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja, Budaya Organisasi   berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja dan Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja. Motivasi lebih efektif   berpengaruh langsung terhadap Kinerja, Komitmen lebih efektif   berpengaruh langsung terhadap Kinerja dan Budaya Organisasi lebih efektif berpengaruh langsung terhadap Kinerja.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v23i2.4317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.