ANALISIS KASUS KEKERASAN DALAM PENDIDIKAN (STUDI KASUS PENGANAYAAN GURU TERHADAP SISWA DI JOGOROTO-JOMBANG)
Abstract
Secara garis besar, tindakan kekerasan dapat didefinisikan sebagai suatu tindakan yang dapat merugikan orang lain, baik itu secara fisik maupun secara psikis. Kekerasan tidak hanya berbentuk sebagai eksploitasi secara fisik semata, tetapi juga berbentuk mengenai eksploitasi psikis. Tindak kekerasan memang tidak pernah diinginkan oleh siapapun, apalagi di dalam suatu lembaga pendidikan yang sepatutnya dalam menyelesaikan suatu masalah dapat dilakukan melalui cara yang edukatif. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Kekerasan dalam pendidikan merupakan hal yang sering sekali terjadi di negara Indonesia ini, banyak sekali kasus kasus kekerasaan yang melibatkan antara tenaga pendidik dengan peserta didik. Hakikat antara seorang guru dan siswa yaitu dengan adanya hubungan komunikasi timbal balik yang berlangsung secara independen, tanpa ada tekanan di setiap masing-masing pihak. Guru merasa nyaman untuk membelajarkan siswa, sementara siswa sendiri merasa mendapat kebebasan dalam belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, Saeful. 2007. Filsafat Ilmu Al-Ghazali Dimensi Ontologi dan Aksiologi. Bandung:CV. Pustaka Setia.
Kunaepi, Aang. 2012. Membangun Pendidikan Tanpa Kekerasan melalui Internalisasi PAI dan Budaya Religius . Universitas Negeri Semarang
Alia, Asrian Dani. 2011. Perbedaan Sikap Ayah dan Ibu terhadap Kekerasan oleh Guru. Universitas Gina Dharma
Saptarini, Yustina. 2009. Kekerasan dalam pendidikan formal : Studi mengenai kekerasan oleh guru terhadap siswa sekolah dasar di Surakarta. Universitas Sebelas Maret, Surakarta
Maulidyah, Nur cholifah. 2014. Kekerasan dalam pendidikan : Studi Fenomenologi Kasus Kekerasan di Panti Rehabilitasi Sosial Anak. Universitas Negeri Surabaya
Freire, Paulo. 2001. Pendidikan yang Membebaskan, Pendidikan yang Memanusiakan, dalam Menggugat Pendidikan. Yogya- karta: Pustaka Pelajar.
Orang Tua Korban Penganiayaan Guru di Jogoroto Jombang, Minta Perlindungan Hukum. Diakses dari laman https://faktualnews.co/2018/04/18/orang-tua-korban-penganiayaan-guru-di-jogoroto-jombang-minta-perlindungan-hukum/77313/amp/
Hakikat Guru sebagai Pendidik Profesional. Diakses dari laman http://www.ichsannurdin.com/2014/07/hakikat-guru-sebagai-pendidik.html?m=1
Penyebab Kekerasan, Guru dan Murid Tertekan di Ruang Kelas?. Diakses dari laman http://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/2018/02/05/penyebab-kekerasan-guru-dan-murid-tertekan-di-ruang-kelas-418882
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.4204
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
Jurnal Dinamika Sosial Budaya
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang
Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.