Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Kasus Kriminalitas Di Kota Ngawi

muhammad reza fahlevi

Abstract


Saat terjadi pandemi Covid-19 seperti saat ini menyebabkan berbagai masalah di segala sektor. Terutama pada sektor ekonomi, dalam masa seperti ini masyrakat dipaksa untuk Stay At Home dengan keadaan tanpa bekerja. Dalam keadaaan tersebut masyarakat yang sedang dalam keadaan kekurangan dan harus memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga mereka terpaksa melakukan tindak kriminal untuk memenuhi kebutuhan hidup dia ataupun keluarganya. Selain itu kebijakan yang di ambil oleh pemerintah untuk membebaskan sebagian tahanan juga berkontribusi dalam meningkatnya angka kriminalitas di masa pandemi di kota Ngawi. Penulisan artikel ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh apa yang menyebabkan meningkatnya kasus kriminalitas pada masa pandemic Covid-19 di Kota Ngawi. Dalam penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Penelitian ini berupaya mengungkap makna yang telah ada dan dampak dari hal tersebut di masyarakat. Data-data berupa hasil riset yang di ambil di beberapa tempat dengan mamanfaatkan media atau artikel yang berhubungan dengan fenomena kriminalitas di masa pandemi ini. Observasi juga di lakukan guna mendapatkan data yang akurat dan dapat mengetahui fenomena-fenomena yang sebenarnya terjadi di masyarakat lalu menghubungkannya dengan aspek yang sesuai.

Pada saat ini pemerintah sudah melakukan upaya berupaha usaha terhadap masyarakat yang terkena dampak pandemic Covid-19 yang berupa bantuan, namun angka kriminalitas di masyarakat tetap terus meningkat, untuk itu dalam penelitian ini di fokuskan pada pengaruh pandemi Covid-19 terhadap meningkatnya kasus kriminalitas yang terjadi di Kota Ngawi.


Keywords


Pengaruh, Covid-19, Kriminalitas

Full Text:

PDF

References


Yuca Devi. 2020 Mantan Napi di Ngawi Kembali Berulah, Bobol Rumah Polisi dan Curi Handphone (https://jatimtimes.com/baca/213966/20200502/114500/mantan-napi-di-ngawi-kembali-berulah-bobol-rumah-polisi-dan-curi-handphone)

Suliana Khusnulkhatimah. 2020 Jumlah kasus kejahatan siber naik di seluruh dunia selama pandemi COVID-19. (https://tirto.id/meningkatnya-ancaman-cybercrime-di-tengah-pandemi-covid-19-f51P)

Yakub Pryatama Wijayaatmaja. 2020 Lima Bulan Pandemi Covid-19, Kriminalitas Naik 7 Persen (https://mediaindonesia.com/read/detail/314036-lima-bulan-pandemi-covid-19-kriminalitas-naik-7-persen)

Zaenal Abidin. 2020 Persidangan Pasca-lockdown di PA Ngawi , 3 Bulan 675 Kasus Perceraian. (https://faktualnews.co/2020/09/01/persidangan-pasca-lockdown-di-pa-ngawi-3-bulan-675-kasus-perceraian/231620/)




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.4202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.