STRATEGI PENGELOLAAN KEUANGAN TERHADAP OPERASIONAL HOTEL BERBINTANG DI SOLO DI MASA PANDEMI COVID -19
yohanes martono widagdo, anita andriantini mulia
Abstract
Tingkat hunian di hotel non bintang maupun berbintang diberbagai wilayah nusantara menurun drastis semenjak akhir Maret 2020 akibat imbas dari pandemi covid 19 . Tak terkecuali di kawasan Solo Raya, mengalami penurunan, baik dari segi pendapatan maupun tingkat huniannya.Kondisi ini memacu para pengelola hotel dalam mempertahankan keberlangsungan operasional dengan penerapan berbagai strategi untuk bisa bertahan hidup dan mampu tetap beroperasi di masa pandemi covid-19 ini. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan berbagi strategi dan kebijakan yang ditempuh manajemen hotel dalam mempertahankan keberlangsungan operasional hotel di masa pandemi covid 19 . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Temuan dari penelitian ini adalah dengan penerapan manajemen operasional, strategi pertanggungjawaban keuangan dan evaluasi antara pendapatan dan pengeluaran operasional memampukan manajemen bertahan dalam masa pandemi covid 19 bahkan mampu menghasilkan profit.Dengan selalu berpegang prinsip menjaga keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran dengan semua langkah-langkah yang telah dilakukan diatas, maka keberlangsungan operasional hotel tetap dapat bertahan walau dalam masa pandemi covid 19 ini. Hal ini mampu memberikan kontribusi kepada pengelola hotel lain dalam menerapkan berbagai strategi dan kebijakan dari hasil penelitian ini yang sesuai dengan kondisi masing masing hotel yang dikelolanya.