Analisis Komunitas Online Gaya Hidup Minimalis dalam Menyikapi Konsumerisme

Adrianus Denis Soenarno, Wulan Setyawati Hermawan, Laurencia Livia

Abstract


This article discusses an online community in Indonesia named Lyfe With Less which is one of the largest minimalist communities in Indonesia. Researchers look at how the online minimalist lifestyle community responds to consumerism, which has been a long-standing problem. Consumerism is a term in which a person consumes excessively or inappropriately which is done consciously and sustainably because it is a lifestyle. This consumerism is supported by globalization and the presence of media and popular culture. In this study, the method used is Participatory Action Research where all researchers are directly involved in the research conducted and supported by observation. As a minimalist community, Lyfe With Less has done a lot in addressing consumerism. By using various platforms as a medium to communicate and have dynamics with its members, Lyfe With Less shares various tips and tricks in implementing a minimalist lifestyle, holds webinars and joint discussions as well as several other programs.


Keywords


Online community; Minimalism; Lifestyle; Consumerism.

Full Text:

PDF

References


Afandi, A. d.k.k. (2013). Modul participatory action research (PAR). Lembaga Pengabdian Masyarakat: IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Fatimah, F. N. D. (2016). Teknik analisis swot: pedoman menyusun strategi yang efektif & efisien serta cara mengelola kekuatan & ancaman. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Herlambang, Y. (2014). Participatory Culture dalam Komunitas Online Sebagai Representasi Kebutuhan Manusia. TEMATIK: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi. 2(1), 26-34. Diakses 29 Juni 2021 dari https://jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/45/8

Hikmah, S.N. (2020). MINIMALISME STUDI KASUS 3 PEREMPUAN KARIER BERGAYA HIDUP MINIMALIS DI KOTA MAKASSAR. Skripsi. Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia. Diakses 28 Juni 2021 dari http://repository.unhas.ac.id/2041/2/E51116306_skripsi_28-08-2020%201-3.pdf

Kumalasari, R. D. (2018, October 22). Stakeholder dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan: Binus University Malang. Diakses pada 29 Juni 2021, dari https://binus.ac.id/malang/2018/10/stakeholder-dan-tanggung-jawab-sosial-perusahaan/

Kusumawati, D.A. (2013). STUDI MANTAN PENGUSAHA GENTENG DI DUSUN BERJO WETAN DESA SIDOLUHUR KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia. Diakses 29 Juni 2021 dari https://eprints.uny.ac.id/16196/

Lyfe With Less. (2019). About us. Diakses 20 Juni 2021 dari https://lyfewithless.com/about-us/

Muhammad, R. & Manalu, S.R. (2017). Analisis pemanfaatan virtual community sebagai media komunikasi kelompok melalui sosial media. Interaksi Online. 5(4): 1-11. Diakses 20 Juni 2021 dari https://www.neliti.com/id/publications/185651/analisis-pemanfaatan-virtual-community-sebagai-media-komunikasi-kelompok-melalui#cite

Priambudi, I. (2010). Perubahan mata pencaharian dan nilai sosial budaya masyarakat (studi deskriptif kualitatif tentang hubungan perubahan mata pencaharian dengan nilai sosial budaya masyarakat di desa membalong, kecamatan membalong, belitung). Skripsi. Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia. Diakses pada 29 Juni 2021 dari https://core.ac.uk/download/pdf/12351302.pdf

Rachel, R. & Rangkuty, R.P. (2020). KONSUMERISME DAN GAYA HIDUP PEREMPUAN DI RUANG SOSIAL: ANALISIS BUDAYA PEMBEDAAN DIRI DI LINGKUNGAN FISIP UNIMAL. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh. 1(1): 97-113. Diakses 20 Juni 2021 dari https://ojs.unimal.ac.id/jspm/article/view/3094

Ridaryanthi, M. (2014). Bentuk Budaya Populer dan Konstruksi Perilaku Konsumen Studi Terhadap Remaja. Jurnal Visi komunikasi. 13(1), 87-104. Diakses pada 29 Juni 2021, dari https://media.neliti.com/media/publications/142786-ID-bentuk-budaya-populer-dan-konstruksi-per.pdf

Sanusi, A.A.S. (2013). Pengantar ilmu ilmu sejarah. Cirebon: Syekh Nurjati Press. Diakses 28 Juni 2021 dari http://repository.syekhnurjati.ac.id/3102/

Sipayung, E. R. & Cahyonowati, N. (2015). Analisis Pengaruh Aspek Demografi, Status Sosial Ekonomi dan Pengalaman Kerja terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi dengan Love of Money sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Accounting. 4(2). 1. Diakses pada 29 Juni 2021 dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/15854/15317

Sugiyono (2015). Metode penelitian kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Ummah, Athi Nashihatul. (2014). ADAPTASI BUDAYA DAN HARMONI SOSIAL : PROSES ADAPTASI MAHASISWA MALAYSIA DI SURABAYA. Skripsi. Universitas Islam Nasional Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia. Diakses 29 Juni 2021 dari http://digilib.uinsby.ac.id/96/

Welianto, A. (2020). Struktur Sosial: Pengertian, Klasifikasi, Ciri-Ciri, dan Fungsinya. Diakses pada 29 Juni 2021, dari https://www.kompas.com/skola/read/2020/04/14/130000269/struktur-sosial--pengertian-klasifikasi-ciri-ciri-dan-fungsinya?page=all




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v24i2.3648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.