Perkembangan Pondok Pesantren Darussakinah Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas SDM Bagi Masyarakat Batu Bersurat Kec.XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar-Riau (1992-2019)

Eliska Fazira

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan dari Pondok Pesantren Darussakinah dalam upaya meningkatkan kualitas SDM nya di Batu Bersurat XIII Koto Kampar. Pesantren atau yang lebih dikenal dengan pondok pesantren merupakan salah satu pendidikan yang mengajarkan tentang ke Islaman. Keberadaan pondok pesantren serta lembaga kemasyarakatan yang telah memberikan warna pada daerah dimana ia berdiri. Pondok Pesantren Darussakinah didirikan setelah pemindahan Pondok Pesantren Darussalam ke Saran Kabun Rokan Hulu pada tahun 1992. Pondok Pesantren darussakinah memberikan dampak sosial bagi masyarakat Batu Bersurat serta mampu mengembangkan potensinya untuk bersaing dengan pesantren-pesantren besar lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan pendekatan kualitatif yaitu cara untuk mengkaji suatu peristiwa, tokoh atau permasalahan yang dianggap layak dan penting yang terjadi pada masa lampau secara deskriptif, kritis, dan analitis. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Pondok Pesantren Darussakinah mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari yang sebelumnya, hal ini dapat dilihat dari program-program yang telah dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Darussakinah seperti telah dibuatnya kelas Thahosus (Khusus) untuk santri lebih mendalami pemahaman terhadap kitab-kitab kuning, serta penghafalan Al-Qur an dan Hadist. Serta pandangan masyarakat terhadap Pondok Pesantren Darussakinah mampu mendidik anak-anak mereka menjadi individualis yang baik dan paham akan agama yang berbudi pekerti luhur.

 

Kata Kunci : Perkembangan, Pesantren, SDM


Keywords


Perkembangan, Pesantren, SDM

Full Text:

PDF

References


Abbdurrahman, Dudung. 2007. Metodologi Penelitian Sejarah. Jogjakarta, Ar-Ruzz Media.

M. Syaifuddien Zuhriy. 2011. Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf, XIX (II), hlm. 288.

Nata, Abuddin. 2010. ILMU PENDIDIKAN ISLAM DENGAN PENDEKATAN MULTIDISPLINER: Normatif Perenialis, Sejarah, Filsafat, Psikologi, Sosiologi, Manajemen, Teknologi, Informasi, Kebudayaan, Politik, Hukum. Jakarta, PT RajaGrafindo Persada.

Natuna, Daeng Ayub. 2013. Pendidikan dan Masa Depan. Pekanbaru, Depertemen Pendidikan Nasional.

Thoha, H.M. As ad. 2011. Sejarah Pendidikan Islam. Yogyakarta, Insan Madani.

WAWANCARA

Ustadz Dede Sulaiman selaku Pimpinan Pondok Pesantren Darussakinah 2017-sekarang

Ustadz Dasril Amali selaku Pimpinan Pondok Pesantren Darussakinah sebelumnya 2013-2017

Ustadz Jamal Wahdi selaku Kepala Sekolah tingkat Aliyah

Ustadz Thoharuddin selaku Kepala Sekolah tingkat Tsanawiyah

Ustadz Khairul Anwar salah satu guru di Pondok Pesantren Darussakinah

Ustadzah Fitri salah satu guru di Pondok Pesantren Darussakinah

Asni Murni salah satu masyarakat Batu Bersurat

Rosni salah satu masyarakat Batu Bersurat




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v24i1.3580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.