HAMBATAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 KOTO GASIB DI MASA PANDEMI COVID-19

Bella Eka Febriyanti

Abstract


Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bertanah air. Maju mundurnya suatu bangsa ditentukan oleh kreatifitas pendidikan bangsa itu sendiri dan kompleknya masalah kehidupan menuntut sumber daya manusia yang handal dan mampu berkompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Proses implementasi siswa dalam mengiktu pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Koto Gasib 2). Proses implementasi guru saat mengajar dirumah di masa pandemi Covid-19. 3). Hambatan belajar pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Koto Gasib. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang meliputi: Observasi wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran sejarah kelas XII di SMA Negeri 1 Koto Gasib yang berjumlah 10 orang. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala yang dialami guru selama pembelajaran daring yaitu kurangnya pemahaman siswa ketika melakukan proses belajar daring. Implementasi guru pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Koto Gasib pembelajaran daring pada kelas XII IPS yaitu dengan memanfaatkan beberapa macam jenis aplikasi seperti whatsapp, google form,dan kine master untuk membuat video pembelajaran. Faktor penghambat dalam mengimplementasikan pembelajaran daring yaitu, minimnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran daring yang berdampak pada minimnya pemahaman siswa akan materi yang diberikan oleh guru kepada siswa.


Keywords


Hambatan Belajar, Mata pelajaran sejarah, SMA Negeri 1 Koto Gasib, Pandemi Covid-19.

Full Text:

PDF

References


A.m,Sardiman.2003.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta:Raja Gravindo Persada

A.Mulyasari. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi. RemajaRosdakarya,Bandung.

Abdurrahman, Al-Allamah. 2014. Mukaddimah Ibnu Khaldun. Diterjemahkan oleh Masturi Irham, Malik Supar, Abidun Zuhri menjadi Mukaddimah Ibnu Khaldun. (Cetakan Keempat). Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Ahmadi, Abu dan Narbukuo, Choild. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.Hal:9

Asrori, Mohammad, M. Pd. 2008.Psikologi Pembelajaran. Bandung:Wacana Prima.

Bilfaqih,Y,& Qamaruddin. M.N., 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring, Deepublihs, Yogyakarta.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Dimiyati dan Mudjiono,1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : P2LPTK

Furchan, A. 2011. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Harifa, A. 2001. Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Helaluddin dan Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Sebah Tinjauan Teori dan Praktek. (Makassar : Sekolah Tinggi Theologia Jaffray,2019). Hal. 134-142

Hugiono dan Poerwantana,2000.Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: Bina Aksara.

Irsyad,2012. Belajar dan Pembelajaran. Padang : UNP Press

Kosmiyah ,Indah.2012. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Teras.

Mahmud, 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.Bandung.

MS, Suwardi.1998. Metode Penelitian Pendidikan Sejarah. Cetakan Riau.

Muhibbin Syah, 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhibbin Syah, 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers

Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.Hal:2

Rulam,Ahmadi,2016. Pengantar Pendidikan: Asas & Filsafat Pendidikan Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Sardiman,2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sholihin, Muchlis. M. Ag.2006. Buku Ajar Psikologi Belajar PAI. STAIN. Pamekasan.

Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Method). Bandung : Alfabeta.

Susanto, Heri. 2014. Seputar Pembelajaran Sejarah: Isu, Gagasan dan Strategi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Swantoro, P. 2002. Dari Buku ke Buku. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Syah, Muhibbin. M. Ed, 2005.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, Basyyiruddin-Asnawir. 2002. Media Pendidikan, Jakarta : Ciputat.

W. Gulo. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Wijaya, Cece. 1999. Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung : Remadja Karya.

Wina, Sanjaya. 2006. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi,Jakarta: Saka Mitra Kompetensi.

Kurniawati,A dkk. 2013. Implementasi Metode Penugasan Analisis Video pada Materi Perkembangan Kognitif, Sosial dan Moral. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Volume 2, Nomor 2.

Dalam Hamni Fadlilah Nasution. Intrumen Penelitian dan Urgensinya Dalam Penelitian Kuantitatif. . Jurnal Al-Masharif. Vol.4 No.1. 2016. Hal 63.

Dewi,Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1.

Fatchor,rahman. Menimbang sejarah sebagai landasan kajian ilmiah : sebuah wacana pemikiran dalam metode ilmiah . El-Barat : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, Vol.7 No.1 Januari-juni 2017. Hal 131-132.

Oktavian,Riskey dan Aldya Riantina Fitra. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pandemi. Jurnal Ilmu dan Pengetahuan. 2(2), hlm.16

KBBI. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Avaliable at : http://kbbi.web.id/hambatanDiakses pada tanggal 11-03-2020 pukul 23.26 WIB.

Kebijakan Social dan Physical Discintang Harus Libatkan Tokoh Sampai RT/RW, Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, diakses 22 April 2020, https://setkab.go.id/kebijakan-social-dan-physical-distancing-haruslibatkan-tokoh-sampai-rt-rw/.

SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9), Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 24 Maret 2020, https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakanpendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/.

World Health Organization (WHO). 2020. https://www.who.int/health-topics/coronavirus. Diakses 18 Januari 2020.

WAWANCARA

Wawancara penulis dengan ibu Waltini S.Pd selaku guru mata pelajaran sejarah Sekolah SMA Negeri 1 Koto Gasib

sudah bertugas sejak tahun 2000 pada tanggal 8 Februari 2021 pukul 10.30

Wawancara penulis dengan siswa dan siswi kelas XII IPS di sekolah SMA Negeri 1 Koto Gasib pada tanggal 10 Februari 2021 pukul 11.00




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v24i1.3530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.