Analisis Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Kegiatan Belajar Mengajar Selama Masa Karantina Covid-19
Amerti Irvin Widowati, Linda Ayu Oktoriza
Abstract
Pademi covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran secara konvensional. Maka diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian adalah memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran daring di Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Semarang sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di Perguruan Tinggi. Subjek penelitian adalah mahasiswa progdi akuntansi Fakultas Ekoonomi Universitas Semarang. Data dikumpulkan dengan wawancara melalui di Microsoft teams. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: beberapa matakulah menggunakan lebih dari 1 aplikasi untuk proses pembelajaran daring, serta beberapa kendala antara lain ketersedian sarana-prasarana, kelemahan sinyal, dan ketidak efektifan selama perkuliahan daring.