Peranan Inyiak Upiak palatiang Dalam Melestarikan Pencak silat di Nagari Gunung, Kota Padang Panjang (1975-2010)

Silvia Dewi Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui riwayat hidup Inyiak Upiak Palatiang, untuk mengetahui peranan Inyiak Upiak Palatiang untuk melestarikan pencak silat di Nagari Gunung Kota Padang panjang, untuk mengetahui karakteristik pencak silat Inyiak Upiak Palatiang. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yaitu seperangkat aturan atau prinsip sistematis untuk mengumpulkan sumber-sumber sejarah secara efektif, menilainya secara kritis, dan mengajukan sintesis atas hasil-hasil dicapai dalam bentuk tulisan. Adapun langkah-langkah dalam penulisan sejarah ini yaitu: (1) Heuristik merupakan sebuah kegiatan mencari sumber-sumber untuk mendapatkan data-data baik secara lisan maupun tulisan. (2) verifikasi adalah kegiatan dalam penelitian sejarah yang dilakukan secara memeriksa, mengoreksi dan menilai sumber-sumber sejarah yang telah dikumpulkan. (3) interpretasi merupakan menafsirkan fakta sejarah dan merangkai fakta tersebut hingga menjadi satu kesatuan yang masuk akal. (4) Historiografi merupakan tahap akhir dari penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peranan Inyiak Upiak Palatiang untuk melestarikan pencak silat yang ada di Nagari Gunung Kota Padang Panjang, pernanan Inyiak Upiak Palatiang terlihat jelas dengan mengajarkan kepada generasi muda untuk tetap belajar silat, supaya pencak silat yang ada di Minangkabau ini tidak akan pudar.


Keywords


Pencak Silat, Perempuan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Edwin Hidayat. 2013. Keajaiban silat. Jakarta : Gramedia

Abdurahman, Dudung. 2007. Metodologi Penelitian Sejarah. Yogyakarta : Ar-ruzz Media

Alfan, Muhammad. 2013. Pengantar Filsafat Nilai. Bandung : Pustaka Setia

Anggito, Albi. 2018. Metodologi Penelitian. Sukabumi : Jejak

Ari Pardi. 2010. Seorang Tokoh Perempuan Inyiak Upiak Palatiang kedalam Sebuah Komposisi Music Nusantara. Skripsi. ISI Padang panjang : Padang

Batuah dan Madjoindo. 1956. Tambo Minangkabau. Jakarta : Pustaka

Bappeda. 2000. Sejarah Kota Padangpanjang, Jakarta:pustaka

Ediwar. 2013. Kota padang panjang dalam potret pelestarian nilai-nilai budaya. Padangpanjang: badan pengkajian adat budaya daerah.

Emral, Djamal. 2000. Falsafah Silat Membela Diri. Yogyakarta: Yayasan Galang

Karwono. 2017. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Silat. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Khairil Anwar. 2018. Silat sebagai sastra lisan. makalah dalam seminar nasional sastra

Lebe, Edward. 2018. Gerakan Langkah Pencak Silat. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Maryati, Kun. 2001. Sosiologi SMA dan MA Kelas X. Jakarta : Esis

Nata, Abuddin. 2014. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta : Kharisma Putra Utama

Nurbayan, Yayan. 2007. Pendidikan Nilai. Bandung : Imtima

Novi. 2007. Asal Usul Elit Minangkabau. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia

Prabowo, R, Erik. 2016. Silat Nusantara. Malang : Litera Mediatama

Pramono, Djoko. 2005. Budaya Bahari. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Saleh. 2006. pencak Silat. Bandung : IKIP Bandung

Sidiq, Ricu. 2018. Strategi Belajar Mengajar Sejarah. Jakarta : Yayasan Kita Menulis

Suhardi, Tedi. 2006. Antropologi Mengungkap Keberagaman Buadaya. Bandung : Setia Purna Inves

Susanto, Heri. 2014. Gagasan dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Presindo

Soeroso, Andreas. 2006. Sosiologi 1 SMA Kelas X. Jakarta : Yudhistira

Taufan.2009. Bela Diri For Muslimah. Jakarta: PT Lingkar Pena kreativa.

Waluya, Bagja. 2007. Sosiologi Menyelamati Fenomena Sosial di Masyarakat untuk kelas X. Bandung : PT Setia Purna Inves

Witrianto. 2000 Dari surau ke sekolah: sejarah pendidikan di padangpanjang. Yogyakarta:UGM




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v24i1.3477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.